BUDAYA LITERASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C

Authors

  • Marta Sinurat FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Sinta Simanjuntak FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ivo Situmorang FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Roberta Sinaga FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3772

Keywords:

Keterampilan 4C, Budaya literasi , SD Swasta St Thomas 2 Medan

Abstract

Budaya Literasi membaca merupakan kegiatan yang wajib di tanamkan kepada siswa sejak dini. Pembelajaran saat ini disebut sebagai pembelajaran abad 21 yang dimana menekankan pada kecakapan literasi komunikasi, berfikir kritis, dan kemampuan menguasai teknologi informasi. Adanya budaya literasi sangat membantu para siswa dalam mempengaruhi keterampilan 4C. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya literasi pada keterampilan AC dan mengetahui tingkat keterampilan 4C dalam budaya literasi di SD Swasta St Thomas 2 Medan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi analisis data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik di mana melalui proses pengumpulan data, reduksi data penyajian data, verifikasi data/ kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan budaya literasi yang sudah berjalan berlangsung efektif budaya literasi membuat para siswa mempunyai keterampilan 4C (komunikasi,kolaborasi,pemikiran kritis, dan kreativitas) yang baik.

References

Aqillamaba, K., & Puspaningtyas, N. D. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(2), 54-61.

Hidayatulloh, P., Solihatul, A., Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. M., Istiqomah, R. T. U. N., & Purwanti, S. N. (2019).

Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 6-11. https://doi.org/10.23917/blbs. v1i1.9301

Muttaqin, M. F., & Rizkiyah, H. (2022). Efektifitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa sekolah Dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), 43-54. https://doi.org/10.35878/guru. v2i1.342

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Sinurat, M., Simanjuntak, S. ., Situmorang, I., & Sinaga, R. (2024). BUDAYA LITERASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 7(1), 53–58. https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3772

Issue

Section

Artikel