PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI YANG INOVATIF UNTUK PENDIDIKAN INKLUSIF PADA KURIKULUM MERDEKA SMA: STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA ST. PETRUS MEDAN

Authors

  • Asnita Hasibuan FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Berman Hutahaean FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Liana FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3920

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi penerapan kurikulum pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui proyek literasi budaya pada kurikulum merdeka di SMA St. Petrus Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa bahasa Indonesia di SMA St. Petrus Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penerapan kurikulum pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui proyek literasi budaya pada kurikulum merdeka meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan eval_uasi. Perencanaan dilakukan dengan menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengintegrasikan kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian yang sesuai dengan karakteristik siswa dan kearifan lokal daerah setempat. Pelaksanaan dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan siswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan menyajikan proyek literasi budaya yang berkaitan dengan kearifan lokal daerah setempat. eval_uasi dilakukan dengan menggunakan penilaian autentik yang meliputi penilaian proses dan penilaian hasil yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar guru bahasa Indonesia dapat mengembangkan dan menerapkan strategi penerapan kurikulum pendidikan karakter berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui proyek literasi budaya pada kurikulum merdeka secara konsisten dan kreatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah

References

Amin. (2009). Pembelajaran Berdiferensiasi: Alternatif Pendekatan Pembelajaran Bagi Anak Berbakat. Edukasi, volume 1, No.1. [Online] Tersedia http://www.ejournal/unisma.net/ojs/index._php/edukasi/article/download/108/103 [11 September 2013]

Arikunto. (2010). Prosedur penelitian. Jakarta : Rineka cipta

Beck, S. W., & Jeffery, J. V. (2009). Genres of high-stakes writing assessments and the construct of writing competence. Assessing Writing, 14(1), 60-79.

Binsar, dkk. (2012). Metode Penelitian . Medan :

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed.). New York: Longman.

Huda. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Permendikbud No. 64 Tahun 2023 tentang Kurikulum Merdeka SMA/SMK/MA/SMTK. Jakarta: Kemendikbud.

Moore, T. (2014). Critical thinking and language: The challenge of generic skills and disciplinary discourses. London: Bloomsbury.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms (2nd ed.). Alexandria: ASCD.

UNESCO. (2009). Policy guidelines on inclusion in education. Paris: UNESCO.

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Hasibuan, A., Hutahaean, B., & Liana, L. (2024). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI YANG INOVATIF UNTUK PENDIDIKAN INKLUSIF PADA KURIKULUM MERDEKA SMA: STUDI KASUS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA ST. PETRUS MEDAN . Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 7(1), 94–98. https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3920

Issue

Section

Artikel