PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 122358 JL SUMBER JAYA II KOTA PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Ester Paulina Purba Universitas Nomensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3934

Keywords:

Think talk write, Keterampilan menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Think Talk Write terhadap keterampilan menulis siswa di UPTD SD Negeri 122358 Jl.Sumber Jaya II Kota Pematangsiantar. Pada penellitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain penelitiannya menggunakan desain Pre-Eksperimental design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi UPTD SD Negeri 122358 Jl.Sumber Jaya II Kota Pematangsiantar sebanyak 29 orang. Sedangkan sampelnya adalah sampling jenuh yaitu siswa siswi kelas V yang berjumlah 29 orang, dengan jenis kelamin 21 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswi perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes,observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini adalah hasil dari nilai pretest dan posttest. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write terhadap keterampilan menulis siswa kelas V UPTD SD Negeri 122358 Jl.Sumber Jaya II Kota Pematangsiantar yaitu thitung 14,52 dan    ttabel= 2,763262, maka diperoleh thitung atau ttabel atau  14,52>2,7636

References

DAFTAR PUSTAKA

Arista Yuni,Dkk. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Literasi Terhadap Keterampilan Menulis Dalam Bahasa Indonesia. International Journal Of Elementary Education. 3(3).

Dalman,H. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Pt. Rajagravindo Persada

Fadly, Wirawan. (2022). Model-Model Pembelajaran Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Bantul: Bening Pustaka.

Helaludin, Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Pendidikan Bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Serang: Media Madani.

Hutahaean,Dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Manusia dan Lingkungan Kelas V SD Negeri 124385 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5).

Octoria, D. (2023, januari senin). 7 Contoh Cerita Non Fiksi Sejarah Pendek Beserta Ciri-cirinya. Retrieved from detikBali: https://www.detik.com/bali/berita/d-6518972/7-contoh-cerita-non-fiksi-sejarah-pendek-beserta-ciri-cirinya, (diakses 4 Maret 2023).

Purba, N.A. & Sihombing, V. T. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3d) Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2).

Purba, Dkk. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Melalui Peningkatan Media Diorama Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1).

Purnomo, Agus, Dkk. (2022). Pengantar Model Pembelajaran. Lombok: Yayasan Hamjah Diha.

Putri, Dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa. Journal Of Classroom Action Research. 4(2), 134-139.

Rohana & Syamsuddin. (2021). Keterampilan Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar. Makassar: Universitas Negeri Padang.

Rosdiah Salam, Dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas V SDN Paccinongan Unggulan Kabupaten Gowa. Global Journal Teaching Professional, 1(1). 2762-1436.

Saragih Yusuf Jheni,Dkk. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV SDN 101732. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia. 7(2).

Sri Handayani, Dkk.(2020). Buku Ajar Strategi Pembelajaran Ekonomi Model-Model Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Malang:PT Literindo Berkah Jaya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparno & Yunus, M. (2007), Keterampilan Dasar Menulis, Jakarta: Universitas Terbuka.

Sutikno, Sobry, M. (2019). Metode & Model-Model Pembelajaran.Lombok: Holistica.

Wati, Inna, & Sidebang, Restio. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Dalam Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 107437 Tanjung Bampu Tahun Ajaran 2022-2023. Seminar Nasional PSSH. 2(2830-361X), 87.1-87.7.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Purba, E. P. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 122358 JL SUMBER JAYA II KOTA PEMATANG SIANTAR. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 7(1), 34–45. https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3934

Issue

Section

Artikel