STRATEGI PEMAKAIAN BAHASA PADA IKLAN DI MARKETPLACE UNTUK MENINGKATKAN DAYA BELI MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i1.3975Keywords:
Strategi, Bahasa iklanAbstract
Perkembangan dunia digital seperti saat ini telah menemukan cara untuk mempermudah pelaku usaha dalam menjual produknya. Salah satu caranya yaitu dengan media online atau e-commerce. E-commerce berperan sebagai media penjualan yang kompleks terdiri dari aktivitas penjualan, pembelian, pembayaran dan pengaturan secara online. Hal tersebut salah satunya terdapat dalam suatu sistem yang telah dibuat sedemikian rupa seperti pada marketplace. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep strategi pemakaian bahasa pada iklan di marketplace sebagai penerapan dari marketing 4.0. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara menggunakan buku, literatur atau bahan pustaka baik secara online atau offline, kemudian mengutipnya sebagai landasan teori dalam penulisan artikel ilmiah. Penelitian ini melakukan analisa langsung terhadap marketplace yang menjadi sasarannya dengan analisa pendekatan kerangka kerja atas penerapan marketing 4.0.References
Ads.google.com. (n.d.). Google Ads. Retrieved May 24, 2021, from https://ads.google.com/
Arifin, Bustanol, Muzakki, Abdurohman, Kurniawan, Moh Wahyu, & Malang, Universitas Muhammadiyah. (2015). Konsep Digital Marketing Berbasis Seo (Search Engine Optimization) Dalam Strategi Pemasaran. Vol.4, h.1–7.
Basuki, Kustiadi. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada PT. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699. http://dx.doi.org/10.29040/jie.v3i01.443
Darwin, Muhammad. (2020). Pengaruh Strategi Communication Dalam Marketing 4.0 Terhadap Purchase Decision Melalui Brand Advocacy pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, EKonomi Dan Akuntansi, 4(2), 375–396. https://doi.org/10.1016/j.cnsns.2019.03.015.
Estechmedia. (n.d.). Lensa Keren & Murah Buat Smartphone Photography | Apexel APL-HB5. Retrieved May 24, 2021, from https://www.youtube.com/watch?v=1HHc5PKf9qU
Fadli, Chairunisa Muchtar, Yasmin, & Qomariah, Inneke. (2019). Business Start Up Bagi Generasi Milenial. Medan: Yayasan Al-Hayat.
https://mix.co.id/. (n.d.). Data Marketplace Indonesia Similarweb pada kuartal pertama (Q1) 2021. Retrieved May 24, 2021, from https://mix.co.id/marcomm/news-trend/ini-10-marketplace-yang-traffic-share-nya-paling-tinggi-sepanjang-q1-20021-versi-similarweb/
https://www.tokopedia.com/. (n.d.). Tokopedia. Retrieved May 24, 2021, from https://www.tokopedia.com/
https://www.youtube.com/. (n.d.). Youtube. Retrieved May 24, 2021, from https://www.youtube.com/
Industri, E. R. A., Irfani, Hadi, Yeni, Fitri, & Wahyuni, Rika. (2020). Pemanfaatan Digital Sebagai Marketing Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi. 3(3), 651–659. https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2799
Kasmir. (2014). Kewirausahaan (Revisi). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
MatrixCamera. (n.d.). APEXEL APL-HB5 HD 4K 5 in 1 Lensa Kit for Smartphone. Retrieved May 24, 2021, from https://www.tokopedia.com/matrixcamera123/
Philip, Kotler, Kartajaya, Hermawan, & Setiawan, Iwan. (2019). Marketing 4.0 (Andi Tarigan, Ed.). Jakarta: PT Gramedia.
Robert, Marco, & Bernadheta, Tyas Puspa Ningrum. (2017). Analisis Sistem Informasi E-Marketplace Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Kerajinan Bambu Dusun Brajan. 18, 48–53.
Similarweb.com. (n.d.). Similarweb.com. Retrieved May 24, 2021, from https://www.similarweb.com/website/tokopedia.com/
Tresyanto, Citra Anggraini, Ayu, Stephanie Astrid, Ekonomi, Fakultas, Katolik, Universitas, & Cendika, Darma. (2019). Penerapan Strategi Marketing 4.0 Pada Wisata Museum Sepuluh November (Tugu Pahlawan) Surabaya. 4, 341–356.
Wahyuni, Nuraida, Irman, Ade Saeful Mutaqin, & Gunawan, Akbar. (2018). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce. Jurnal Pengabdian Dinamika, 5(1).