Pengaruh Metode Pembelajaran Field Trip Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4061Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII dengan menerapkan metode Field Trip. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampel, didapatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen VIII-B dan kelas kontrol VIII-A. Dengan jumlah siswa VIII-B yaitu 32 siswa dan VIII-A yaitu 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yakni melihat pengaruh metode pembelajaran field trip terhadap kemampuan menulis puisi. Instrumen penelitian digunakan melalui tes tertulis untuk mengukur tingkat kemampuan menulis puisi siswa. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t-hitung. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dari nilai pretest dan postest diperoleh nilai t Hitung > t Tabel atau 4,509 > 1,695, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sementara nilai rata-rata pada kelas postest eksperimen yaitu 76,40 dengan kategori tinggi dari pada nilai rata-rata pretest kontrol 58,30. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Field Trip terhadap kemampuan menulis puisi siswa SMP Santo Yoseph Medan. Kata kunci: Field Trip, Kemampuan Menulis Puisi ABSTRACT This study aims to determine the effect of the ability to write poetry on grade VIII students by applying the Field Trip method. Sampling in this study was carried out using a random sample technique, obtaining two classes, namely the experimental class VIII-B and the control class VIII-A. With the number of students VIII-B, namely 32 students and VIII-A, namely 32 students. The research method used in this study is the experimental method, namely to see the effect of the field trip learning method on the ability to write poetry. The research instrument was used through a written test to measure the level of students' poetry writing ability. Furthermore, the data obtained were analyzed using the t-test. Based on the results of data analysis carried out from the pretest and posttest values, the t value was obtained > t Table or 4.509 > 1.695, so it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted. While the average value in the experimental posttest class is 76.40 with a high category compared to the average value of the control pretest of 58.30. Thus it can be concluded that there is an effect of the Field Trip learning method on the ability to write poetry of students at SMP Santo Yoseph Medan. Keywords: Field Trip, Poetry Writing AbilityReferences
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8 (3), 2476-2482.
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M.S (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam , 1 (2) 1-9. https:doi.org/10.61104/ihsan/vli2.57.
Bansuhari. 2020. "Penerapan Metode Field Trup untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IX H SMP Negeri Watampone."Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3 (1) : 1-21.
Bukan kelas biasa teori dan praktik berbagai model dan metode pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. Surakarta. KEKATA GROUP CV (e-book).
Hasan.2022. "Penerapan Metode Field Trip Dalam Menulis Puisi Siswa Kelas X." Jurnal Inovasi, Evaluasi dan pengembangan pembelajaran - (JIEPP) 2 (1) 27-33.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualititatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung : CV Alfabeta.
Thaba, A. 2018 Metode Pembelajaran Field Trip. Wahana Ekspresi LSP3 MATUTU (Online)