Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisons (STAD) Dengan Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi

Authors

  • Tani Derita Butar butar Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Losten Tamba Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Candra Ronitua Gultom Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4103

Keywords:

Model STAD, Model TTW, Kemampuan Menulis dan Teks Biografi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan TTW terhadap kemampuan menulis teks biografi. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Santo Yoseph di kelas X. Penelitian ini menggunakan jenis penlitian ekspreimen dengan metode postest control group design. Jumlah populasi dalam penelitian adalah 137 siswa. Pengambilan sampel dilakukan teknik acak atau simple random sampling di mana diperoleh sampel penelitian sebanyak 66 siswa yaitu Kelas X-1 dan X-2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penugasan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran STAD dengan TTW terhadap kemampuan menulis teks biografi. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan model pembelajaran STAD yang sudah diterapkan dipeoleh nilai rata-rata 65.27 dengan kategori cukup. Pengolahan data menggunakan model pembelajaran TTW termasuk kedalam kategori baik dengan nilai rata-rata 81.48. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji "t". Pengujian hipotesisi menunjukkan t-hitung > t-tabel yakni 8.350 > 1.997 pada taraf signifikan a=0.05 atau 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dengan Ha diterima. Ini berarti bahwa penggunaan model STAD lebih efektif dari model TTW terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA swasta Santo Yoseph Medan.

References

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311.

Arianti, F. F., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Flipped Classroom dan Aplikasi Schoology: Analisis Keterampilan Menulis Teks Biografi. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(2), 165–186. https://doi.org/10.22515/tabasa.v1i2.2591.

Arikunto. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Balaka, M. Y. (2022). Metode penelitian Kuantitatif. Jurnal Widina Bhakti Persada, 1, 130.

Donni Juni Priansa. 2023. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Eliza, S. N., Supriadi, O., & Hartati, D. (2021). Analisis Struktur dan Unsur Kebahasaan pada Teks Biografi Nadiem Makarim serta Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Bahasa Indonesia Kelas X SMA Tahun 2021. Jurnal Pendidikan: Riset&Konseptual, 5(4), 588–596.

Fauzan Tri Nugroho. (27 November 2023). Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Biografi. Dosen Bahasa. https:// www.bola. com/ragam/ read/5460479/pengertian-ciri-ciri-struktur-dan-contoh-teks-biografi?page=5.

Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., Sari Lase, I. P., Ndruru, M., & Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022.

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94.

Irmawati, Syamsudduha, H. (2021). Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Watampone Kabupaten Bone. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 1–8.

Kadir. 2010. Statistika. Jakarta: PT. Rosemata Sampurna.

Khusna, A., Sulianto, J., & Widyaningrum, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantu Media CD Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Penididikan, 10(2), 136–148.

Lalu Busyairi Muhsin. 2024. Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW). Jawa Tengah: Wawasan Ilmu.

Lilian, H. (2020). Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Selakau Kabupaten Sambas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 32.

Mahmuzah, R., Ainun, N., Suryawati, I., Sianturi, M. S., & Walil, K. (2020). Kemampuan Penalaran Matematis Melalui Pembelajaran Learning Cycle 5E pada Materi Himpunan Siswa MTs Keutapang Dua Aceh Besar. Serambi Akademia: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 8(8), 1501–1510.

Mirdad, J., & Pd, M. I. (2020). Model-Model Pembelajaran ( Empat Rumpun Model Pembelajaran ). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23.

Mufida, D., Dharmayanti, D., & Mitri Suhara, A. (2019). Penerapan Metode STAD (Student Teams Achievement Divisions) pada Pembelajaran Menulis Teks Biografi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 559, 559–570.

Navia, Y., Asri, Y., & Afnita. (2018). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(3), 431–439. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/100767/100260.

Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(4), 10.

Putri, I. M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TTW Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Pendek Bertema Yoku Soji O Shimasu Siswa Kelas XI. Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 7(1), 70–90.

Putri Nurjanah, A. S. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW Terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Jurnal PGSD, 05, 486–499.

Rodiah, A. S. (2017). Pembelajaran Menyusun Teks Biografi dengan menggunakan Media Filmstrips dan Metode Penemuan pada Siswa Kelas X SMAN 1 Rancaekek Tahun Pelajaran 2016/2017. FKIP Unpas, 9–26.

Salmaa. (2 November 2021). Langkah-Langkah Menulis dan Penjelasan Selengkapnya. Deepublish.co.id. https://penerbitdeepublish.com/langkah-langkah/menulis.

Saifur Rohman. (2023). Pengaruh Model Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Kembali Teks Biografi Siswa Kelas X SMAN 1 Koto XI Tarusan. Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 1, 255–262.

Santika, A., H. S. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melaui Model Think Talk Write (TTW) pada Peserta Didik Kelas X Ipa 2 Sma N 09 Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 65. https://doi.org/10.30659/j.7.1.65-76.

Sarimanah, E., & Nashir, M. R. A. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melalui Penerapan Metode Quantum (Tandur) pada Siswa Kelas X SMA Yayasan Purwa Bhakti Ciawi Bogor. Triangulasi: Jurnal Pendidikan Kebahasaan, Kesastraan, dan Pembelajaran, 1(1), 65–75. https://doi.org/10.55215/triangulasi.v1i1.3223.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. Della, & Syafitri, R. (2023). Kerangka berfikir penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 160–166.

Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suparno & Yunus. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, Hendry Guntur. (2005). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyuni, N., & Linda, W. (2021). Penguasaan Puebi dan Keterkaitannya dengan Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa SMA. Literatur: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 1(2), 86–92. https:// doi.org/ 10.31539/ literatur.v1i2.2406.

Wibawa, I. B. M. P., Sutama, I. M., & Yasa, I. N. (2019). Analisis Struktur dan Kebahasaan Buku Mohammad Hatta dan Relevansinya dalam Pembelajaran Menulis Teks Biografi Di Kelas X Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 9(2), 300–312. https:// doi.org/ 10.23887/jjpbs.v9i2.20478.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Butar butar, T. D., Tamba, L. ., & Gultom, C. R. . (2025). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Divisons (STAD) Dengan Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi . Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 8(1), 60–69. https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4103

Issue

Section

Artikel