PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KELAS KELAS V UPTD SD NEGERI 124385 Jl.SAWI PAMATANGSIANTAR

Authors

  • Henni Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelina Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Asister Fernando Siagian Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i2.4478

Keywords:

Cooperative Integrated Reading Composition, kemampuan menulis, penelitian kuantitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh  model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition terhadap kemampuan menulis siswa kelas V UPTD SD Negeri 124385 Jl.Sawi Pematangsiantar. Jenis penellitian ini adalah penelitian kuantitatif, desain penelitiannya menggunakan desain Pre-Eksperimental design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi UPTD SD Negeri 124385 Jl.Sawi Pematangsiantar sebanyak 20 orang. Sedangkan sampelnya adalah sampling jenuh yaitu siswa siswi kelas V yang berjumlah 20 orang, dengan jenis kelamin 11 orang siswa laki-laki 9 orang siswi perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian ini adalah hasil dari nilai pretest dan posttest. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition terhadap kemampuan menulis siswa kelas V UPTD SD Negeri 124385 Jl.Sawi Pematangsiantar yaitu N-Gain 0,7259

References

Abas, S. 2006.Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Aktif Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Arief, D. dkk (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Melalui Proses Menulis Bagi Siswa SD 09 Bungus Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Alfian, 2021. Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Model CIRC Pada Peserta Didik Kelas Iv Sd. Seminar Nasional “Bimbingan Dan Konseling Islami”.

Ariawan, V. A. N., Utami, N. T., & Rahman. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Model CIRC Berbantuan Media Cetak. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 95-104.

Cucu Pusvita Kartikasari, Umaimatul Hunafa, D. H. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa SD Kelas V. Journal of Elementary Education, 2(3), 109 116.

Dalman,H. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Pt. Rajagravindo Persada.

Huda, Miftakhul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Idarliati, I. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Menggunakan Media Gambar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 57-72

Muliantara. (2020). Penerapan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 5 Sudaji Kecamatan Sawan. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1)

Nancy Angelia Purba. 2016. Penerapan Teknik Rekayasa Teks dengan Media Komputer dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi. Volume 6 No. 3 Desember 2016

Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 43-54.

Oktaviasari, Priyati. (2016). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Siswa Kelas V SD dikecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang. Tidak dipublikasikan.

Purba, N.A. & Sihombing, V. T. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3d) Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2)

Putri, Y. I. S., Koeswati, H. D., & Radia, E. H. (2020). Cooperative integrated reading and composition ( circ ) terhadap. Jurnal basicedu Research & Learning in Elementary Education, 3(2), 442-449.

Prawitaningrum, A., & Endarini, E. 2019. Efektivitas Model CIRC dan GGE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(3), 308.

Ratnasari, Tri Mardiyanti, M. Acc Widyaiswara, Bpsdm Provinsi, dan Jawa Tengah. 2021. “Peran Widyaiswara Dalam Memberikan Motivasi Penyusunan Laporan Akhir Pada Peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Saat Pembelajaran Agenda Klasikal Di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, (Jakarta : Kencana, 2012), cet.ke-2, h. 185 Menurut Jamal Mirdad, M.Pd.I (2020)

Suyitno, A. (2020). Mengadopsi Pembelajaran CIRC dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita. Seminar Nasional F.MIPA UNNES

Suparno & Yunus, M. (2007), Keterampilan Dasar Menulis, Jakarta: Universitas Terbuka.

Suwardi, E. (2020). Metodologi Penelitian Sastra Jakarta: Caps.

Sri Handayani, Dkk.(2020). Buku Ajar Strategi Pembelajaran Ekonomi Model-Model Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Malang:PT Literindo Berkah Jaya.

Sumarsih, Puput. 2017. Pengaruh Model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Kemampuan Menjelaskan Isi Teks Melalui Membaca Intensif Siswa Kelas III SDN Kediri. Jurnal Pedagogia (vol.1 no.1).

St.Y. Slamet. 2017. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia.Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Purba, H., Purba, N. A. ., & Siagian, A. F. . (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KELAS KELAS V UPTD SD NEGERI 124385 Jl.SAWI PAMATANGSIANTAR. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 7(2), 163–167. https://doi.org/10.54367/pendistra.v7i2.4478

Issue

Section

Artikel