Pendekatan Antro-Ekologi dalam Pembelajaran Sastra Puisi di SMP: Integrasi Nilai Budaya dan Kesadaran Lingkungan

Authors

  • Aprina Enzel Sihotang Universitas Negeri Medan
  • Uci Rahmadhani Universitas Negeri Medan
  • Rizky Fauzan Akbar Universitas Negeri Medan
  • Sanrais Josua Saragih Universitas Negeri Medan
  • Muharrina Harahap Universitas Negeri Medan
  • Elly Prihasti Wuriyani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4736

Keywords:

Antro-ekologi, pembelajaran sastra, puisi, budaya, lingkungan, SMP

Abstract

Pembelajaran sastra puisi di SMP berperan dalam mengembangkan apresiasi sastra, kreativitas, dan pemahaman nilai budaya serta lingkungan. Pendekatan antro-ekologi menghubungkan aspek antropologi dan ekologi dalam memahami serta menciptakan puisi. Penelitian ini menganalisis efektivitas pendekatan tersebut dalam meningkatkan apresiasi dan keterampilan menulis puisi siswa. Dengan metode kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa pendekatan antro-ekologi meningkatkan keterlibatan siswa, memperkaya imajinasi, dan mendorong kesadaran lingkungan. Namun, kendala seperti keterbatasan bahan ajar dan kurangnya pelatihan guru tetap menjadi tantangan. Kesimpulannya, pendekatan ini efektif dan diharapkan dapat diterapkan lebih luas untuk membentuk siswa yang kreatif, berbudaya, dan peduli lingkungan.

References

Capra, F. (2005). The Web of Life: A New Scientific Understanding of Living Systems. Anchor Books.

Rahmawati, I. (2020). "Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Sastra untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa." Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 120-135.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suyatno. (2018). "Pembelajaran Sastra Berbasis Lingkungan: Upaya Menanamkan Kesadaran Ekologis Melalui Sastra." Jurnal Pendidikan Humaniora, 6(1), 45-58.

Wahyudi, R. (2021). "Integrasi Pendidikan Lingkungan dalam Pembelajaran Sastra: Sebuah Pendekatan Holistik." Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 87-102.

Widodo, H. (2021). "Integrasi Nilai Budaya dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Sekolah Menengah." Jurnal Bahasa dan Sastra, 9(3), 210-225.

Yulianti, A. (2018). Pembelajaran Sastra Berbasis Budaya: Teori dan Aplikasi. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sihotang, A. E., Rahmadhani, U. ., Akbar, R. F. ., Saragih, S. J., Harahap, M. ., & Wuriyani, E. P. . (2025). Pendekatan Antro-Ekologi dalam Pembelajaran Sastra Puisi di SMP: Integrasi Nilai Budaya dan Kesadaran Lingkungan. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 8(1), 1–6. https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4736

Issue

Section

Artikel