Pengaruh Model Pembelajaran Everyone is A Teacher Here Terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 09181 Batu IV

Authors

  • Bernika Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Melvin.M Simanjuntak Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4844

Keywords:

Model pembelajaran, Everyone Is A Teacher Here, Keterampilan menulis puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri 091281 Batu IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-eksperimental tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, dengan sampel berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes pretest dan postest. Data di olah dengan mengunakan uji N-Gain, dengan hasil nilai N-Gain skor 0,6566 dengan klasifikasi sedang dan nilai dari N-Gain persen adalah 65,6626 dengan klasifikasi cukup efektif. Pada uji hipotesis (uji-t) diperoleh t-hitung>t-tabel yaitu 11,683>1.717 maka H0 di tolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap Keterampilan Menulis puisi Siswa Kelas IV SD Negeri 091281 Batu IV T.P. 2024/2025.

References

Amin, Dr., & Sumendap, L. Y. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan LPPM.

Dalman, H. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers. ISBN 978-979-769-440-1.hal 2-14

Harun, M. (2018). Pembelajaran Puisi Untuk Mahasiswa: Buku untuk Mahasiswa. Syiah Kuala University Press. ISBN: 978-602-5679-31-5.

Mukarromah, A. (2018). Menulis Itu Mudah: Panduan Praktis Menjadi Penulis Andal (hlm. 20). Penerbit Noktah.

Pitaloka, A., & Sundari, A. (2020). Seni Mengenal Puisi. Guepedia. ISBN: 978-623-7933-56-4.

Purba, N. A., & Sihombing, V. T. (2021). Meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menulis puisi dengan menggunakan media visual tiga dimensi (3D) kelas V SD Negeri 091281 Batu IV. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 322–343.

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Buku Ajar Berbantuan Model Pembelajaran Everyone is A Teacher Here: Upaya Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Calon Guru Biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 2(2), 47-51.

Sari, N. (2018). Kemampuan Menulis Artikel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Satap Lembang. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sari, N. (2018). Kemampuan Menulis Artikel Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Satap Lembang. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Setiawan, K. E. P., & Andayani. (2018). Strategi Ampuh Memahami Makna Puisi: Teori Semiotika Michael Riffaterre dan Penerapannya. EDUVISION.

Sugiyono. (2019). Metode Penulisan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyanti. (2019).Peningkatan Keterampilan Menulis Anekdot Melalui Penggunaan Strategi Genius Learning Bagi Siswa Kelas X IPA-1 Semester 1 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun 2017/2018. Dalam Qosmedia Team (Ed.), Jurnal Pendidikan Konvergensi (hlm. 147-160). Surakarta: CV Akademia & Litbang Pendidikan STIE AUB.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Simanjuntak, B., Simanjuntak, M. ., & Purba, N. A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Everyone is A Teacher Here Terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 09181 Batu IV. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 8(1), 21–30. https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4844

Issue

Section

Artikel