Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 091277 Siantar Estate

Authors

  • Melinda Hutagalung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Minar Trisnawati Lumbantobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4845

Keywords:

Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 091277 Negeri Siantar Estate. Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Two Stay Two Stray berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia. Nilai rata-rata pretest sebesar 46,11 meningkat menjadi 78,52 pada posttest, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 3,71% menjadi 85,19%. Hasil uji hipotesis memperoleh nilai thitung 17.059 > ttabel 2,056 dan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Simpulan penelitian ini adalah model Two Stay Two Stray pada penilitan ini  efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 091277 Negeri Siantar Estate.

References

Kurainun Wahyu, Taufik Amalia.2021. Pengaruh Two Stay Two Stray pada Mata

Pelajaran SKI Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta didik. Penerbit: Sanabil

Mirdad, J. (2020). “Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran)”. Jurnal

sakinah, 2(1), 14-23

Purba, Nancy Angelia. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Indonesia Emas Group.

Purba, Nancy Angelia, dan Restio Sidebang. 2023. Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia. Edupedia Publisher.

Purnomo Agus. 2022. Pengantar Model Pembelajaran. Lombok: Yayasan

Revisi. Pustaka Pelajar Offset. Yogyakarta

Samosir, N. W., Purba, N. A., & Purba, N. (2022). Pengaruh Media Diorama

terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh di Kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 1-10.

Sani, A.R., (2014), Jurnal Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, Bumi Aksara: Jakarta

Saputra Artama, Andi, dkk.2023. eval_uasi Hasil Belajar. Penerbit: PT. Mifandi

Mandiri Digital

Simaremare, J, A. Purba, N. 2021. Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Bandung. Widina Media Utama

Sinaga, G. M., Purba, J. R. T., & Lumban Tobing, M. T. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiantar. Jurnal Sains Student Research, 2(5), 668-675.

Sinaga, S., Lumbantobing, Lumban Tobing, M. T., & Sitio, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Kelas IV di UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2)

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Hutagalung, M., Purba, N. A., & Lumbantobing, M. T. . (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 091277 Siantar Estate. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 8(1), 31–43. https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4845

Issue

Section

Artikel