Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 091277 Siantar Estate
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4845Keywords:
Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 091277 Negeri Siantar Estate. Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Two Stay Two Stray berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia. Nilai rata-rata pretest sebesar 46,11 meningkat menjadi 78,52 pada posttest, dengan persentase ketuntasan belajar meningkat dari 3,71% menjadi 85,19%. Hasil uji hipotesis memperoleh nilai thitung 17.059 > ttabel 2,056 dan signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Simpulan penelitian ini adalah model Two Stay Two Stray pada penilitan ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 091277 Negeri Siantar Estate.References
Kurainun Wahyu, Taufik Amalia.2021. Pengaruh Two Stay Two Stray pada Mata
Pelajaran SKI Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta didik. Penerbit: Sanabil
Mirdad, J. (2020). “Model-model pembelajaran (empat rumpun model pembelajaran)”. Jurnal
sakinah, 2(1), 14-23
Purba, Nancy Angelia. 2022. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Indonesia Emas Group.
Purba, Nancy Angelia, dan Restio Sidebang. 2023. Konsep Dasar Bahasa dan Sastra Indonesia. Edupedia Publisher.
Purnomo Agus. 2022. Pengantar Model Pembelajaran. Lombok: Yayasan
Revisi. Pustaka Pelajar Offset. Yogyakarta
Samosir, N. W., Purba, N. A., & Purba, N. (2022). Pengaruh Media Diorama
terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh di Kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 1-10.
Sani, A.R., (2014), Jurnal Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013, Bumi Aksara: Jakarta
Saputra Artama, Andi, dkk.2023. eval_uasi Hasil Belajar. Penerbit: PT. Mifandi
Mandiri Digital
Simaremare, J, A. Purba, N. 2021. Metode Cooperatif Learning Tipe Jigsaw Dalam Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Bandung. Widina Media Utama
Sinaga, G. M., Purba, J. R. T., & Lumban Tobing, M. T. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 122365 Pematangsiantar. Jurnal Sains Student Research, 2(5), 668-675.
Sinaga, S., Lumbantobing, Lumban Tobing, M. T., & Sitio, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Kelas IV di UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2)
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta