Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 122340 Pematangsiantar

Authors

  • Nitalin Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Esti Marlina Sirait Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Emelda Thesalonika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4849

Keywords:

Think Pair Share, IPAS, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kelas V UPTD SD Negeri 122340 Pematangsiantar pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimental yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa sebesar 63,4 dan meningkat menjadi 86,9 pada postest. Sebanyak 21 siswa dinyatakan tuntas dan hanya 1 siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai thitung= 11,405 dan t-tabel =1,721 dengan signifikan 0,00<0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V di UPTD SD Negeri 122340 Pematangsiantar.

References

Badan, S. K. dan A. P. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A.

Khalil, Y. S. H., & Muhtar, F. (2024). Pengembangan pendidikan Islam: Membentuk Generasi Unggul Melalui Pendidikan Berbasis Al Qur’an dan Hadis. Almarhalah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 212–223.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2024). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. In Jakarta: Kata Pena (Vol. 73). Kata Pena.

Mudjiyanto, R., Melaneo, G., Gembong, S., & Handayani, S. T. (2024). Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berorientasi PISA (Programme For International Student Assessment). Journal of Social Science Research, 4, 11947–11957.

Nainggolan, E., Sidabutar, Y. A., & Pasaribu, S. (2022). Pengaruh Metode Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Tematik Subtema Hidup Rukun di Sekolah pada Siswa Kelas II UPT SD Negeri 13 Pahang. Jurnal Pendidikan Dasar dan Karakter, 4. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7853

Pasaribu, E. P., Lumban Raja, B., Remigius, A. A., Sinaga, R., & Simarmata, E. J. (2024). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 066050 Medan. Journal of Integrated Elementary Education, 8(3), 538–546. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index._php/js/article/view/58799

Rahmanita, N., & Majdi, L. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) pada Kurikulum Merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8, 6549–6561.

Ribut, Y. P. O. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), 1–6.Hp

Sari, S. I., & Sutriyani, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.21580/jieed.v3i1.13295

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. In Alfabeta, Bandung. Alfabeta.

Trianto, M. P. (2024). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=txrazwEACAAJ

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Siahaan, N., Sirait, E. M. ., & Thesalonika, E. . (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 122340 Pematangsiantar. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 8(1), 52–59. https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4849

Issue

Section

Artikel