Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kotak Cahaya Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD 091273 Karang Bangun

Authors

  • Indah Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Radode Simarmata Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4860

Keywords:

Media pembelajaran Lightbox, Hasil Belajar murid, IPA

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah bagi mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran light box berpengaruh terhadap hasil belajar IPA murid kelas V SD 091273 Karang Bangun. Dalam penelitian ini, X digunakan sebagai media pembelajaran kotak cahaya serta Y digunakan sebagai hasil belajar murid. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif serta sampel sebanyak 25 murid. Pengujian data menggunakan program SPSS 25, teknik analisis serta digunakan dalam pengujian ini terlebih dahulu dilakukan yaitu uji instrumen serta meliputi uji validitas serta reliabilitas, dilanjutkan serta uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda serta terakhir uji hipotesis serta meliputi uji N-gain serta uji t. Uji N-gain menunjukkan angka 0,7-8 bagi nilai N-gain serta boleh digolongkan tinggi serta hasil presentase N-gain sebesar 7-8,9 % serta boleh digolongkan efektif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 serta boleh diartikan bahwa media pembelajaran lightbox mempunyai pengaruh serta signifikan terhadap hasil belajar IPA murid.

Warning: include(/opt/lampp/htdocs/ojs/cache/fc-pluginSettings-17-usagestatsplugin.php): failed to open stream: No such file or directory in /opt/lampp/htdocs/ojs/lib/pkp/classes/cache/FileCache.inc.php on line 46

Warning: include(): Failed opening '/opt/lampp/htdocs/ojs/cache/fc-pluginSettings-17-usagestatsplugin.php' for inclusion (include_path='.:/opt/lampp/lib/php') in /opt/lampp/htdocs/ojs/lib/pkp/classes/cache/FileCache.inc.php on line 46

References

Fadhila, (2020). Penggunaan media kotak cahaya daalm meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 2 gedung air. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 7–13.

Gandana Alti , d. H. (2022). Media Pembelajaran kotak cahaya Jawa Timur: Pustaka Abad.

Hidayati, N. (2015). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Ipa Terhadap Hasil Belajar Tema

Pahlawanku Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV Sdn Randuagung 01-Lumajang Tahun Pelajaran 2014/2015.

Johannes, L.B.Siallagan, Osco, P.S, Nancy, A. P,(2023). Hubungan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Padapelajaran IPS Kelas Iv Uptd Sd Negeri 122353 Pematang Siantar.

Korata, R. A., & Kuswadi, A. (2013). Penggunaan Media Kit Ipa Untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Cahaya. Didaktika

Meisya, M., & Siska, A. (2022). pengembangan media 3d kosica (kotak sifat cahaya) dalam pembelajaran ipa kelas ivdi sekolah dasar negeri 26 sigirankabupaten agam. universitas bung hatta.

Nancy, A. P. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual

Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 2 Menyayangi Hewan Dan Tumbuhan Kelas Iii Sd Negeri 095551 Jl. Asahan.

Nisa, A, P & Nirwana, A. (2024). Pengaruh pengaruh mendia kotak sifat cahaya( KOSICA) terhadap kemampuan berpikir keritis peserta didik pada mata pelajaran IPA dikelas IV SD.

Noria, W.S., Nancy A.P, & Natalina P. (2022). Pengaruh Media Diorama terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh di Kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya.

Prasetya, S. R., & Muhroji, M. (2022). Penggunaan Alat Peraga Kotak Sifat Cahaya (Kosifacay) dalam Penguasaan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4848–4854

Rahayuni, G. (2016). Hubungan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada pembelajaran IPA terpadu dengan model PBM dan STM. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146.

Rustaman, Nuryani, dkk. 2010. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta : Universitas Terbuka

Sholiha, dkk. 2017. Pengembangan Media Kotak Cahaya Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Ilmiah Rekayasa,10 (1).

Sulthon, Usman. 2017. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: Indeks

Suprijono. (2014). Penggunaan Alat Peraga Kotak Sifat Cahaya (Kosifacay)dalam Penguasaan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4848–4854.

Susanto. (2013). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Ipa Terhadap Hasil Belajar Tema Pahlawanku Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas IV Sdn Randuagung 01.

Suwardi, S., Firmiana, M. E., & Rohayati, R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil pembelajaran matematika pada anak usia dini. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 2(4), 297–305.

Wediyawati & Lisa. (2019).Penggunaan Alat Peraga Cermin dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Maraeli. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(4), 275–280.

Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia,VI(1), 87–93.

Widodo, S. A., Indriyanti, D. R., & Rohman, F. (2021). Peran Sekolah Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Administrasi Pendidikan,

(1), 11-20.

Wulansari, Budi, dan Setya Nurachmandani. 2021. “Ilmu Pengetahuan Alam 4 Untuk Sd Mi Kelas 4”. Jakarta: Pusat Perbukuan,Departemen Pendidikan Nasional.

Yudi, Prianto. (2020). Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Cahaya melalui Model PembelajaranStudent Facilitatorand Explaining(SFE) pada Siswa Kelas V di MI AL- Abror.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Manurung, I., Simarmata, R. . ., & Purba, N. A. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kotak Cahaya Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD 091273 Karang Bangun. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 8(1), 15–20. https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4860

Issue

Section

Artikel