Pengaruh Media Pembelajaran Diorama Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas III SD Negeri 091273 Karang Bangun

Authors

  • Tiur Marnita Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Minar Trisnawati Lumbantobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Desi Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4864

Keywords:

Media Diorama, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran diorama terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas III SD 091273 Karang Bangun. Jenis penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan menggunakan one group pretest-posttest desain. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas III dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes pilihan berganda sebanyak 25 butir soal yang sudah melalui tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal dan uji daya. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji N-gain dan Uji Hipotesis. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor Pretest 63,41 meningkatkan menjadi 91,56 pada postest. Hasil analisis Ngain menunjukkan distribusi data dengan skor N-Gain Skor 0,79 menunjukkan kategori peningkatan tinggi dengan efektivitas 78,70. pada uji hipotesis menunjukkan bahwa T-hitung 25,62 dan T-tabel 1,70. Hal ini menunjukkan bahwa T-hituing > T-Tabel yang artinya H1 diterima sedangkan H0 ditolak. hal ini dapat disimpuljkan bahwa terdapat pengaruh media diorama terhadap hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas III pada materi mengenal keberagamaan agama di Indonesia.

References

Angelika, Khasanah, L., Widodo, S. T., & Mardiyani, E. R. (2023). Penerapan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belaja Siswa SD pada Pembelajaran PKn. Jurnal Basicedu, 7(6), 3753–3762. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6387

Arikunto. (2018). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Astuti, F. (2021). Analisis Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Revisi pada Soal Ujian Sekolah Bahasa Jawa. Piwulang : Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 9(1), 83–99. https://doi.org/10.15294/piwulang.v9i1.47031

Gunawan, I., & Paluti, A. R. (2017). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. E- Journal.Unipma, 7(1), 1–8. http://e-journal.unipma.ac.id/index._php/PE

Maulana, A., Israwati, & Syafrina, A. (2022). Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air di Kelas V SDN 52 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa: Elementary Education Research, 7(4), 136–142. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/index

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya MembentukKarakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 33– 41.

Pagarra, d. (2022). Media Pembelajaran. Makasar: Badan penerbit UNM

Samosir, N. W., Purba, N. A., & Purba, N. (2022). Pengaruh media diorama terhadap hasil belajar siswa pada subtema pentingnya makanan sehat bagi tubuh di kelas V SD Negeri 091522 Marubun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling,4(6),4784–4793. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index._php/jpdk/article/view/9028/ 6809

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking

Wardoyo, S., Armariena, D. N., & Prasrihamni, M. (2022). Pengaruh Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal On Education, 2(2), 918–925. https://doi.org/10.31004/irje.v2i2.200

Yanti, Y. E., & Huda, M. (2023). Pengembangan Media Dasi (Diorama Siklus Air) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V Sd. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 3(1), 66–74. https://doi.org/10.33379/primed.v3i1.2406

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sinaga, T. M., Lumbantobing, M. T. ., & Sijabat, D. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Diorama Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas III SD Negeri 091273 Karang Bangun. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 8(1), 44–46. https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4864

Issue

Section

Artikel