Pengaruh Media Animasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPAS Pada Kelas V SDN 091273 Karang Bangun Pamatang Simalungun
DOI:
https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4867Keywords:
Media Animasi, IPAS.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada siswa kelas V SDN 091273 Karang Bangun Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental jenis One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 28 orang, dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pilihan ganda sebanyak 25 soal yang telah divalidasi dan dianalisis dari segi reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesulitan. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas (Shapiro-Wilk), perhitungan skor N-Gain, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata siswa dari 62,78 (pretest) dengan tingkat ketuntasan 10,71% menjadi 87,71 (posttest) dengan tingkat ketuntasan 100%. Skor N-Gain rata-rata sebesar 0,7155 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang, dengan efektivitas pembelajaran sebesar 71,55%. Hasil uji t menunjukkan t_hitung > t_tabel (20,06 > 1,70), yang berarti media animasi memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V.References
Abidin. 2022. Penerapan Teori Belajar Behaviorisme dalam Pembelajaran (Studi Pada Anak). An’ Nisa Vol. 15, No. 1
Alexshandro, R. dkk. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Animasi 2d. Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Amral., Asmar. 2020. Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Guepedia.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index._php/psnp/article/view/5665/4066
Bakri, Ari. 2021. 60 Persen Guru di Indonesia Terbatas Kuasai Teknologi Informasi dan Komunikasi. https://www.merdeka.com/indeks-berita/ peristiwa/2025/02/17/index1.html
Devita, A., M. Juliansyah Putra., Adrianus Dedy. 2022. Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Animasi Terhadap Hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 05 Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 4, No. 4.
Dian, N.F. 2021. Taksonomi Bloom: Proses dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran. Pusdiklat.
Elvera., Astarina, Y. 2021. Metodologi Penelitian Ed. 1. Penerbit ANDI.
Gerlach dan Ely. 1971. Teaching dan Media: A systematic Approach. Second Edition, by V.S.
Henniwati. 2021. Efektifitas Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Determinan Dan Invers Matriks Pada Siswa Kelas X Mm1 Smk Negeri 1 Kabanjahe Di Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan.
Helwanti, Julia. 2019. “Penerapan Media Animasi Dalam Meningkatkan Bahasa Anak Pada Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Bela Bangsa Mandiri Tanjung Senang Bandar Lampung.”
Ilma, F. 2020. Penerapan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mtsn 2 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Johari, Andriana., Syamsuri Hasan, and Maman Rakhman. 2014. “Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Journal of Mechanical Engineering Education 1(1):8–15.
Kemendikbud. (2022). Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di Jenjang SD. https://ditpsd.kemdikbud.go.id /artikel/detail/hal-hal-esensialkurikulum-merdeka-dijenjang-sd
Kemendikbud. 2022. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/cp/dasmen/13.%20CP%20IPAS.pdf
Kurniawan, B. dkk. 2017. Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, Vol. 4, No. 2.
Mahmudi, I. dkk. 2022. Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom.
Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA)
Marinda, L. 2020. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman Vol.13 No.1
Meilisna, dkk. 2024. Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah Volume VII Nomor 1.
Nurhasanah, A., Alfulrqan. Penggunaan Media Video Animasi dalam Pembelajaran Manasik Haji di PAUD Mawar. Tazzaka Jurnal Pendidikan dan Keislaman Volume 02 Hal 92-106.
Nursalam, and A. .. Fallis. 2013. “Video Animasi.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Pristiwanti, D., Bai badriah., Lukman Nulhakim. 2022. Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Kurikulum SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol. 4 No. 6.
Rohmah, A. 2017. Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). Cendekia Media Komunikasi Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam Volume 09, No. 02, Oktober 2017, Hal. 193-210.
Sari, P.R. dkk. 2024. Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Berbasis Youtube Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batanghari. Jurnal Pendidikan Tambusai Vol.8 Nomor 1
Sinambela, L. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitaitf. Rajawali Pers.
Silitonga, M. K., & Rosyida, S. (2015). Animasi Interaktif Sebagai Media Sosialisasi Indonesia Tsunami Early Warning System (Inatews). Jurnal Sistem Informasi Stmik Antar Bangsa, IV (2), 200–207.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV: Alfabeta.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suryana, S., dkk. 2022. Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol. 5, No. 7.
Tambunan, J., Lois Oineke Tambunan. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di Era Pembelajaran Online Di Smp Negeri 1 Meranti. Jurnal Suluh Pendidikan Vol.1 No. 20.
Ubabuddin. 2019. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. IAIS Sambas, Vol. V, No. 1
Ulfah., Opan Arifudin. 2023. Analisis teori taksonomi bloom pada pendidikan di indonesia. Jurnal Al-Amar (JAA) Vol. 4, No.1.
Wandani, E, et all. 2023. Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Proses Pembelajaran Individu. Madani Jurnal Ilmiah Multidisiplin Vol. 1, No. 5