Analisis Struktur dan Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat Kampung Tajur di Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta

Authors

  • Nova Mariam STKIP Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4980

Keywords:

Cerita Rakyat, Unsur Intrinsik, Nilai Budaya, Bahan Ajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap struktur dan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam cerita rakyat Kampung Tajur, serta menggali potensi pemanfaatannya sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas X SMA. Cerita rakyat sebagai salah satu warisan budaya lisan memuat beragam pesan moral, sosial, dan spiritual yang relevan dengan pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Sumber data utama berupa teks cerita rakyat Kampung Tajur yang dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara dengan tokoh masyarakat setempat. Analisis struktur dalam cerita rakyat yaitu berupa tema, alur cerita, tokoh dan penokohan, latar yang disertai latar tempat, waktu dan suasana, serta amanat yang terdapat dalam cerita juga nilai-nilai budaya yang tersirat dalam cerita rakyat Kampung Tajur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerita rakyat Kampung Tajur memiliki struktur yang lengkap dengan alur linier, tokoh yang khas, serta konflik dan penyelesaian yang edukatif. Nilai-nilai budaya yang menonjol mencakup gotong royong, penghormatan terhadap alam, serta pentingnya kejujuran dan kesetiaan. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menyusun bahan ajar mengenai isi dari cerita rakyat Kampung Tajur sebagai bahan ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas Kelas X semester satu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa cerita rakyat lokal tidak hanya berfungsi sebagai pelestarian budaya, tetapi juga dapat menjadi media pembelajaran yang kontekstual, menarik, dan bermuatan karakter.

References

Agustina. (2017). Aspek Budaya Dan Religi Cerita Rakyat Candi Cetho Di kecamata Jenawi Kabupaten Karanganyar Dan Fungsinya Bagi Masyarakat: Tinjauan Resepsi Sastra Dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Indonesia Di Sma. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(1), 51–66.

Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika

Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838

Citriadin, Y. (2020). Teknik analisis data penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif dalam metodologi penelitian pendekatan multidisipliner (pp. 201–218).

Danandjaja, J. (2014). Folklor indonesia dan jepang: suatu studi perbandingan. Antropologi Indonesia.

Danandjaja, J. (2019). Guna folklore dalam masyarakat Indonesia. Antropologi Indonesia, 12–20.

Dr. Agnes Widyaningrum, S.E., S.Pd., M.Pd. Yovita Mumpuni Hartarini, S.Pd., M.Hum., M. M., & Pengantar. (2023). Pengantar Ilmu Sastra. In Journal GEEJ (Vol. 7, Issue 2).

Hanapi, N. (2017). NILAI BUDAYA KOMUNITAS BAJO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR LIFE SKILL. 11(1), 92–105.

Hidayat, W. Al. (2019). STRUKTUR DAN FUNGSI CERITA RAKYAT BENAYUK VERSI DESA SEPALA DALUNG KABUPATEN TANA TIDUNG: Jurnal Ilmu Budaya, 3(4), 442–452.

Ilahi, R. (2023). NILAI MORAL CERITA RAKYAT SITU SANGIANG. 7, 102–112.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Amalia, D. A., & Tangerang, U. M. (2020). Analisis bahan ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2, 311–326.

Merdiyatna, Y. Y. (2019). Struktur, Konteks, Dan Fungsi Cerita Rakyat Karangkamulyan. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 1(2), 38–45. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v1i2.1283

Merdiyatna, Y. Y. (2022). Nilai-Nilai Budaya Cultural Values in Karangkamulyan. Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya Indonesia, 4(2), 97–102.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Normina. (2017). Pendidikan Dalam Kebudayaan. Jurnal Ittihad, 15(28), 1025.

Nurgiantoro, B. (2018). Stilistika. UGM PRESS.

Nurizzati. (n.d.). ISSN : 2302-3538. 8(1), 1–9.

Pulungan, H., Amelia, R., & Harahap, S. H. (2024). Analisis Nilai Budaya Dalam Cerita Sangkuriang Melalui Pendekatan Struktural. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 403–410. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2

i1.1786

Rukiyah, R. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Anuva, 2(1), 99. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.99-106

Sandiana, D., Isnendes, R., Haerudin, D., Studi, P., Sunda, B., Indonesia, U. P., No, J. S., & Barat, J. (2024). Analisis struktur dan nilai budaya cerita rakyat di sekitar waduk jatigede sumedang 1,2,3. 10(1).

Saptaningrum, A. (2024). NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL TEKS SADRANAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA KELAS XI SKRIPSI.

Sinamo, A. S., Siregar, S., & Halawa, I. (2021). Analisis Nilai Budaya dalam Cerita Rakyat Sampuren Sindates dengan analisis Semiotika. Asas: Jurnal Sastra, 10(1), 12. https://doi.org/10.24114/ajs.v10i1.22531

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D.

Sugiyono, P. D. (2016). METODE PENELITIAN kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Susilowati. (2017). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak Di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. VIII(September), 47–54

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Mariam, N. (2025). Analisis Struktur dan Nilai Budaya Dalam Cerita Rakyat Kampung Tajur di Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 8(1), 85–97. https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4980

Issue

Section

Artikel