PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL (GAMBAR) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP

-

Authors

  • Rachel Yoan Siahaan Akademi informatika dan komputer medicom
  • Tiarma Nova Intan Malasari Sekolah Tinggi Bahasa Asing-Persahabatan Internasional Asia
  • Maslan Sihombing Akademi Informatika dan Komputer Medicom

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.5247

Keywords:

menulis puisi, media gambar, bahasa indonesia

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas atau sering disebut dengan action research class. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis pusi. Penelitian Tindakan Kelas ini pelaksanaannya selama dua siklus. Setiap siklus terdiri atas pertemuan 1 dan 2 dan disesuaikan dengan pencapaian indikator keberhasilan setiap siklusnya. Penelitian tindakan terdiri atas serangkaian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dampai pada refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil rata-rata kemampuan siswa dalam menulis puisi secara keseluruhan sebesar 53,5. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan indikasi rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan bantua media visual (gambar), perolehan rata-rata kemampuan siswa pada siklus I dalam menulis puisi menjadi 74,68. Kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,65. Berdasarkan perolehan rata-rata kemampuan siswa dalam menulis puisi, dapat ditarik kesimpulan bahwasannya pembelajaran menggunakan bantuan media visual (gambar) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi.

References

Aminuddin. (2011). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.

Anitah. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS Press

Suparno dan Yunus, M. (2008). Keterampilan dasar menulis. Jakarta: Universitas. Terbuka

Suparno dan Yunus, M. 2017. Keterampilan dasar menulis. Jakarta: Universitas. Terbuka

Waluyo, Herman J. 2010. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga

Zulaeha, I. (2019). Pembelajaran Menulis Kreatif Teori, Model, dan Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Siahaan, R. Y., Tiarma Nova Intan Malasari, & Sihombing, M. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VISUAL (GAMBAR) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP : -. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 8(1), 98–116. https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.5247

Issue

Section

Artikel