Pelatihan Operasi Hitung Aritmatika Sosial di Panti Asuhan Talenta Delpita Medan
DOI:
https://doi.org/10.54367/ulead.v1i1.1392Keywords:
Pelatihan Aritmatika Sosial, Panti Asuhan Talenta DelpitaAbstract
Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap dosensebagai wujud dari salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi disamping Pengajaran dan Penelitian. Adapun kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan maksud menambah ilmu pengetahuan para peserta khususnya anak-anak asuhan di Panti Asuhan Talenta Delpita Medan khususnya bidang Operasi Hitung Aritmetika Sosial. Hal ini dirasa perlu karena ilmu yang diterima dalam pendidikan formal di sekolah dirasakan masih kurang memadai. Pada hal pengetahuan tentang Aritmetika Sosial sangat penting dan umum dalam kehidupan sehari hari yang harus diketahui sedini mungkin. Untuk itulah tim Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat terpanggil untuk memberi sumbangsih dalam membimbing dan mendidik anak-anak di Panti Asuhan Talenta Delpita Medan untuk menambah pengetahuan dan wawasan anak-anak peserta pelatihan sehingga kelak dapat bersaing dengan anak-anak lainnya sebagai generasi bangsaReferences
Kompri, Motivasi Pembelajaran Perspektif Siswa dan Guru, 1st ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019.
R. R. el Akbar and R. Gunawan, “IbM PELATIHAN MULTIMEDIA UNTUK ANAK-ANAK YATIM PIATU DI PANTI ASUHAN HIFDHUL MURSALIN KOTA TASIKMALAYA,†Jurnal Pengabdian Siliwangi, vol. 2, no. 1, Oct. 2016, Accessed: Sep. 03, 2021. [Online]. Available: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jps/article/view/60
A. Wijaya, “Pendidikan matematika realistik suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika,†2012.
N. A. Ningrum, “HUBUNGAN ANTARA COPING STRATEGY DENGAN KENAKALAN PADA REMAJA AWAL,†2012. [Online]. Available: http://www.depsos.go.id/modules.php?n
A. F. Citra and MM. N. Widyarini, “PELATIHAN PENINGKATAN HARGA DIRI PADA REMAJA PANTI ASUHAN SUB UNIT PERLINDUNGAN SOSIAL ASUHAN ANAK, CIBALAGUNG, BOGOR,†Jurnal Psikologi, vol. 8, no. 2, Sep. 2017, Accessed: Sep. 03, 2021. [Online]. Available: https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/psiko/article/view/1641/1400
J. S. Warman, V. Mardian, L. Suryani, F. R. Fista, and I. Irwan, “PROGRAM PELATIHAN PENIGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS ANAK-ANAK PANTI ASUHAN MELALUI PEMBERDAYAAN MAHASISWA,†Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 280–285, Jan. 2019, doi: 10.31849/DINAMISIA.V3I2.3304.
S. Silaban, Dasar-Dasar Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 2017.
I. H. Abdullah, “BERPIKIR KRITIS MATEMATIK,†2013.
“Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning).†http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPBM (accessed Sep. 03, 2021).
H. Februariyanti, J. S. Wibowo, and S. Wibisono, “PENINGKATAN KETERAMPILAN ANAK PANTI ASUHAN MELALUI PELATIHAN MULTIMEDIA KREATIF,†Rekayasa : Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran, vol. 15, no. 2, pp. 72–81, Jan. 2018, doi: 10.15294/REKAYASA.V15I2.12585.
R. Nuraeni, S. Guinesya Ardiansyah, L. S. Zanthy, S. Bandung, J. Terusan, and J. Sudirman, “PERMASALAHAN MATEMATIKA ARITMATIKA SOSIAL DALAM BENTUK CERITA: BAGAIMANA DESKRIPSI KESALAHAN-KESALAHAN JAWABAN SISWA?,†Teorema: Teori dan Riset Matematika, vol. 5, no. 1, pp. 61–68, 2020.
“PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATERI ARITMETIKA SOSIAL MENGGUNAKAN KONTEKS BAHAN BAKAR MINYAK DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DI SMP | Lismareni | Jurnal Pendidikan Matematika.†https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/2186 (accessed Sep. 03, 2021).