Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Aplikasi Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Sorang Pakpahan Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Jhon Riandi Simanjuntak Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unika Santo Thomas
  • Fanemao Laia Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unika Santo Thomas

Keywords:

e-learning, Zoom, Whatsapp, Covid-19

Abstract

Covid-19 menyebar dengan cepat dari manusia kemanusia lain melalui kontak langsung dari manusia yang telah terjangkit virus tersebut. Penyebaran virus ini sangatlah cepat dan sangat membahayakan. Agar dapat menekan penyebaran penyakit tersebut pemerintah melalui menteri pendidikan dan kebudayaan memberlakukan peraturan agar pengajaran pembelajaran tidak boleh dilaksanakan secara tatap muka langsung. Agar dapat tetap berjalannya pendidikan pemerintah memberlakukan pembelajaran secara jarak jauh atau dinamakan daring. Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran sudah umum digunakan seperti multimedia pembelajaran, laboratorium virtual, pembelajaran jarak jauh (e-learning) dan sebagainya. Banyaknya aplikasi e learning yang tersedia saat ini sangat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga peserta didik mereka tetap mendapatkan pengetahuan dari guru. Untuk meningkatkan kemampuan  dan  ketrampilan  dalam  memanfaatkan  Teknologi  Informasi pada masa pandemic Covid-19 sebagai media dan alat bantu pembelajaran untuk anak-anak kursus maupun pengajar menggunakan aplikasi-aplikasi seperti Zoom, WhatApp, youtube dan lainnya.

Author Biography

Sorang Pakpahan, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Mahdy, M. A. (2020). The Impact of COVID-19 Pandemic on the Academic Performance of Veterinary Medical Students. Front. Vet. Sci, 1-7.

D. E. R. Purba and S. Sibagariang, “Belajar dan Bermain pada Anak Usia Dini dengan Teknologi Augmented Reality,” J. Mahajana Inf., vol. 6, no. 2, pp. 97–102, 2021.

Pakpahan ,R. Fitriani Y, Analisa Pemanfaaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19, JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh) Vol. 4 No.2 Mei 2020 e-ISSN: 2598-8719 (Online) http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar

Zoom. (2021, 6 21). Zoom Homepage. Retrieved from Zoom: https://zoom.us/

Gereja Batak Karo Protestan [GBKP] diakses tanggal 20/08/2021

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Pakpahan, S., Simanjuntak, J. R. ., & Laia, F. . (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Aplikasi Era Pandemi Covid-19. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 1(2), 59–62. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/1680

Issue

Section

Artikel