Literasi Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 156487 Siramiramian
DOI:
https://doi.org/10.54367/ulead.v1i2.1694Keywords:
Literasi Digital, Zoom Meeting, Google Meet, Revolusi Industri 4.0Abstract
Literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya. Literasi digital merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Penerapan kebijakan tersebut harus didorong sebagai respons atas masuknya kehidupan pada era revolusi industri 4.0. Sebagai salah satu ranah kehidupan yang harus menyiapkan generasi penerus pada masa depan, pendidikan harus berada pada garis terdepan dalam mengimplementasikan literasi digital. SD Negeri 156487 Siramiramian merupakan sebuah sekolah dasar yang berada di Kecamatan Antam Dewi Kabupaten Tapanuli Tengah. Saat ini pemanfaatan teknologi informasi di Sekolah Dasar Negeri 156487 telah dilakukan dalam bentuk pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Selain itu teknologi informasi terutama internet juga telah diperkenalkan kepada anak-anak di sekolah dasar Negeri 156487 sebagai media pembelajaran seperti tugas sekolah dan video pembelajaran. Konsekuensi dari kemudahan informasi ini adalah banyaknya informasi yang masuk atau banyaknya informasi yang diproduksi dalam internet bisa menyebabkan siswa bisa mengalami kesulitan dalam menentukan informasi mana yang benar dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan sebagai upaya membantu pemahaman literasi digital di sekolah khusunya sekolah dasar SD Negeri 156487 Siramiramian agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan baik dan benar serta dapat melakukan penyaringan terhadap informasi untuk memastikan bahwa nilai informasi tersebut adalah benar atau tidak.References
K. S. Diputra, N. K. D. Tristiantari, and I. N. L. Jayanta, “Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar,” JCES (Journal Character Educ. Soc., vol. 3, no. 1, pp. 118–128, 2020, [Online]. Available: http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES.
M. S. R. Maulana, “IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH, SEBUAH KENISCAYAAN,” Ekp, 2017. https://disdikkbb.org/news/implementasi-literasi-digital-di-sekolah-sebuah-keniscayaan/ (accessed Aug. 11, 2021).
V. K. M. Putri, “Literasi Digital: Pengertian, Prinsip, Manfaat, Tantangan dan Contoh,” 2021. https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/15/142539669/literasi-digital-pengertian-prinsip-manfaat-tantangan-dan-contoh (accessed Aug. 11, 2021).
L. E. P. Hartanti, “Anak Perlu Literasi Digital, Terapkan Sejak SD,” 2021. https://magdalene.co/story/literasi-digital-penting-diterapkan-sejak-sekolah-dasar (accessed Aug. 11, 2021).
A. Asari, T. Kurniawan, S. Ansor, A. Bagus, and N. Rahma, “Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di,” BIBLIOTIKA J. Kaji. Perpust. dan Inf., vol. 3, pp. 98–104, 2019.
K. Murdy and A. N. Putri, “Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa STKIP ‘Aisyiyah Riau,” J. Inov. Pendidik. Ekon., vol. 10, no. 1, p. 71, 2020, doi: 10.24036/011084550.
R. Rodin and A. D. Nurrizqi, “Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Dalam Pemanfaatan E-Resources UIN Raden Fatah Palembang,” Pustakaloka, vol. 12, no. 1, pp. 72–89, 2020, doi: 10.21154/pustakaloka.v12i1.1935.