Literasi Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 156487 Siramiramian

Authors

  • Parasian D.P Silitonga Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Rindiani Waruwu Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unika Santo Thomas
  • Kharles Steven Lombu Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unika Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/ulead.v1i2.1694

Keywords:

Literasi Digital, Zoom Meeting, Google Meet, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya. Literasi digital merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Penerapan kebijakan tersebut harus didorong sebagai respons atas masuknya kehidupan pada era revolusi industri 4.0. Sebagai salah satu ranah kehidupan yang harus menyiapkan generasi penerus pada masa depan, pendidikan harus berada pada garis terdepan dalam mengimplementasikan literasi digital. SD Negeri 156487 Siramiramian merupakan sebuah sekolah dasar yang berada di Kecamatan Antam Dewi Kabupaten Tapanuli Tengah. Saat ini pemanfaatan teknologi informasi di Sekolah Dasar Negeri 156487 telah dilakukan dalam bentuk pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Selain itu teknologi informasi terutama internet juga telah diperkenalkan kepada anak-anak di sekolah dasar Negeri 156487 sebagai media pembelajaran seperti tugas sekolah dan video pembelajaran. Konsekuensi dari kemudahan informasi ini adalah banyaknya  informasi  yang  masuk atau banyaknya  informasi yang  diproduksi  dalam  internet  bisa  menyebabkan  siswa bisa  mengalami  kesulitan  dalam  menentukan informasi  mana  yang  benar dan  sesuai  dengan  apa  yang  dibutuhkan. Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan sebagai upaya membantu pemahaman literasi digital di sekolah khusunya sekolah dasar SD Negeri 156487 Siramiramian agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan baik dan benar serta dapat melakukan penyaringan terhadap informasi untuk memastikan bahwa nilai informasi tersebut adalah benar atau tidak.

Author Biography

Parasian D.P Silitonga, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

K. S. Diputra, N. K. D. Tristiantari, and I. N. L. Jayanta, “Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar,” JCES (Journal Character Educ. Soc., vol. 3, no. 1, pp. 118–128, 2020, [Online]. Available: http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES.

M. S. R. Maulana, “IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DI SEKOLAH, SEBUAH KENISCAYAAN,” Ekp, 2017. https://disdikkbb.org/news/implementasi-literasi-digital-di-sekolah-sebuah-keniscayaan/ (accessed Aug. 11, 2021).

V. K. M. Putri, “Literasi Digital: Pengertian, Prinsip, Manfaat, Tantangan dan Contoh,” 2021. https://www.kompas.com/skola/read/2021/06/15/142539669/literasi-digital-pengertian-prinsip-manfaat-tantangan-dan-contoh (accessed Aug. 11, 2021).

L. E. P. Hartanti, “Anak Perlu Literasi Digital, Terapkan Sejak SD,” 2021. https://magdalene.co/story/literasi-digital-penting-diterapkan-sejak-sekolah-dasar (accessed Aug. 11, 2021).

A. Asari, T. Kurniawan, S. Ansor, A. Bagus, and N. Rahma, “Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di,” BIBLIOTIKA J. Kaji. Perpust. dan Inf., vol. 3, pp. 98–104, 2019.

K. Murdy and A. N. Putri, “Kompetensi Literasi Digital Mahasiswa STKIP ‘Aisyiyah Riau,” J. Inov. Pendidik. Ekon., vol. 10, no. 1, p. 71, 2020, doi: 10.24036/011084550.

R. Rodin and A. D. Nurrizqi, “Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Dalam Pemanfaatan E-Resources UIN Raden Fatah Palembang,” Pustakaloka, vol. 12, no. 1, pp. 72–89, 2020, doi: 10.21154/pustakaloka.v12i1.1935.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Silitonga, P. D. ., Waruwu, R. ., & Lombu, K. S. . (2022). Literasi Digital untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 156487 Siramiramian. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 1(2), 72–76. https://doi.org/10.54367/ulead.v1i2.1694

Issue

Section

Artikel