PKM : Pelatihan Pembuatan Buku Digital dan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia pada SMK Negeri 1 Pergetteng-Getteng Sengkut Kabupaten Pakpak Bharat
DOI:
https://doi.org/10.54367/ulead.v1i2.1717Keywords:
link and match, SMK bisa, pakpak bharat, buku digital, bahan ajar multimediaAbstract
Program Link and Match ini dibuat untuk mensinergikan antara pendidikan vokasi dengan dunia industri guna meningkatkan penyerapan lulusan sekolah vokasi agar dapat menjadi tenaga kerja andal. Pelatihan dapat diartikan sebagai proses terencana untuk memodifikasi sikap atau perilaku pengetahuan, keterampilan melalui pengalaman belajar. Tujuannya adalah untuk mencapai kinerja yang efektif dalam setiap kegiatan atau berbagai kegiatan. SMKN 1 Pergetteng-Getteng Sengkut Kabupaten Pakpak Bharat membina 5 program studi yaitu : Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura. buku digital adalah salah satu jenis buku atau bacaan yang hadir dalam bentuk softcopy atau elektronik yang kemudian bisa dibaca menggunakan perangkat digital, baik itu smartphone maupun komputer (PC dan laptop) dan Bahan ajar multimedia dapat diartikan sebagai aplikasi multimedia yang digunakan dalam proses pembelajaran, dengan kata lain untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, ketrampilan dan sikap) serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan dan terkendali. Pelatihan dibutuhkan oleh guru yang ada di . SMKN 1 Pergetteng-Getteng Sengkut agar tujuan dari Program Link and Match dapat dicapai sehingga guru akan memiliki skill yang akan ditransferkan ke peserta didik dengan mampu membuat buku digital dan membuat bahan ajar multimedia.References
Program Link and Match Kemendikbud Sinergikan Lulusan Pendidikan Vokasi dengan Industri - Nasional Tempo.co, Dec. 15, 2020. https://nasional.tempo.co/read/1414598/program-link-and-match-kemendikbud-sinergikan-lulusan-pendidikan-vokasi-dengan-industri (accessed Feb. 14, 2022).
Pusdiklat Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, “Pelatihan sebagai Proses Pembelajaran dengan Sistem Terbuka ,” Nov. 19, 2021. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/174/pelatihan-sebagai-proses-pembelajaran-dengan-sistem-terbuka (accessed Feb. 14, 2022).
T. Limbong, A. Rikki, and D. M. Rajagukguk, “Pelatihan Office (Microsoft Word dan Microsoft Excel) untuk Anak-anak Panti Asuhan Yacan Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang,” Citra Abdimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2021.
Wikipedia, “Pengertian Pelatihan .” https://id.wikipedia.org/wiki/Pelatihan (accessed Feb. 14, 2022).
“Data Referensi Pendidikan.” https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=10208654 (accessed Feb. 14, 2022).
“PPDB TP. 2020/2021.” http://smkn1pggs.sch.id/index.php?id=info&kode=4 (accessed Feb. 14, 2022).
Salma, “Pengertian Buku Digital, Fungsi, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya,” Apr. 29, 2021. https://www.duniadosen.com/buku-digital/ (accessed Feb. 14, 2022).
idcloudhost, “Pengertian E-book (Buku Digital): Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya - IDCloudHost,” Nov. 26, 2020. https://idcloudhost.com/pengertian-e-book-buku-digital-fungsi-manfaat-kelebihan-dan-kekurangannya/ (accessed Feb. 14, 2022).
. Ilyas and R. Mursid, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi,” J. Teknol. Inf. Komun. Dalam Pendidik., vol. 2, no. 2, 2015, doi: 10.24114/jtikp.v2i2.3291.
T. Limbong and J. Simarmata, Media dan Multimedia, 1st ed. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.
E. R. Manik and T. Limbong, “Aplikasi Pembelajaran IPA Tentang Fauna Model Game untuk Sekolah Dasar dengan Metode Computer Assisted Instruction,” MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 4, no. 2, pp. 136–141, 2019.