Workshop Teknik Subnetting IP Address Komputer untuk Siswa Prakerin (Praktek Kerja Industri) Jurusan Teknik Komputer Jaringan Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Authors

  • Saidi Ramadan Siregar Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Budi Darma Medan
  • Pristiwanto fFakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Budi Darma Medan
  • Hery Sunandar Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Budi Darma Medan

Keywords:

subnetting, network, cidr, mikrotik, vlsm

Abstract

Dua tahun lebih sudah pandemi covid-19 menjadi penghambat proses belajar mengajar secara langsung. Resolusi sebagai solusi yang diberikan  Pemerintah Republik Indonesia (RI) yakni imigrasi proses belajar dari seperti biasanya (tatap muka) menjadi istilah daring (dalam jaringan) dengan memanfaatkan aplikasi misalnya google meet dan zoom dan aplikasi lainnya dan terhubung dengan jaringan internet. Tentu salah satu kekurangan pembelajaran daring secara teknis adalah membatasi interaksi antara guru dan siswa akibatnya pengetahuan siswa secara berkesinambungan pasti akan berkurang. Ahamdulillah di awal tahun 2022 pembelajaran diterapkan kembali secara luring (luar jaringan) atau tatap muka 50% dengan mematuhi protocol kesehatan. Kemudian siswa prakerin (praktek kerja industry) diberlakukan dengan hal yang sama yaitu melakukan praktek kerja industri sesuai dengan jurusan masing-masing. Pengetahuan subnetting untuk siswa tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi suatu pengetahuan dasar agar memahami addressing computer.  Addressing computer sesuatu yang essensial agar terjadinya hubungan antara computer yang satu dengan computer lainnya. Bayaknya computer yang bisa dihubungkan dapat dilihat dari jumlah yang terhubung perangkat-perangkat (devices) computer dan smarphone. Misalnya satu instansi hanya memiliki 40 komputer maka harus dilakukan pemecahan pengalamatan (addressing) agar jumlah alamat ip computer tidak tersisa banyak yang dapat mengurangi celah serangan para hacker dan sekaligus mengurangi traffic jaringan dan teknik tersebut dinamakan subnetting. Dengan workshop yang dilaksanakan dapat memberikan pemahaman kepada siswa prakerin sekaligus dapat melakukan implementasi dalam skop jaringan kecil, menengah dan skop besar

References

A. Winarsih, Jaringan Komputer, Pengertian, Jenis, Transmisi, dan Topologi, 17 September 2021, 2021. https://mediaindonesia.com/teknologi/433330/jaringan-komputerpengertian-jenis-transmisi-dan-topologi (accessed Feb. 14, 2022).

Jeremy Grossman, Introduction and Getting Started with GNS3, 2021. https://docs.gns3.com/docs/ (accessed Feb. 14, 2022).

www.keycdn.com, What Is CIDR (Classless Inter-Domain Routing), 4/10/2028, 2018. https://www.keycdn.com/support/what-is-cidr (accessed Feb. 14, 2022).

Mikrotik, mikrotik, foundid in1996, 2002. https://mikrotik.com/aboutus (accessed Feb. 14, 2022).

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Siregar, S. R. ., Pristiwanto, & Sunandar, H. . (2022). Workshop Teknik Subnetting IP Address Komputer untuk Siswa Prakerin (Praktek Kerja Industri) Jurusan Teknik Komputer Jaringan Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 1(2), 106–111. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/1720

Issue

Section

Artikel