Penyuluhan Penggunaan Microsoft Access Untuk Mengolah Data Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada Desa Lae Itam Kecamatan Siempat Nempu Hilir, Kabupaten Dairi

Authors

  • Masdiana Sagala FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Meliana Veronika Mahasiswa FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

BLT, Microsoft Access, Perangkat Desa

Abstract

Bantuan Langsung Tunai atau disingkat BLT adalah program bantuan pemerintah berjenis pemberian uang tunai atau beragam bantuan lainnya, baik bersyarat (conditional cash transfer) maupun tak bersyarat (unconditional cash transfer) untuk masyarakat miskin. Besaran dana yang diberikan dan mekanisme yang dijalankan dalam program BLT berbeda-beda tergantung kebijakan pemerintah di negara tersebut. Tujuan Pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk membuka wawasan peserta terkait dengan revolusi industry 4.0 yang terjadi saat ini, serta bagaimana mereka bisa mempersiapkan diri untuk beradaptasi pada perubahan tersebut. Perangkat Desa adalah abdi masyarakat yang berada ditingkat paling bawah dalam sistem pemerintahan kita, Secara vertikal dia harus mempertanggungjawabkan tugasnya kepada atasan. Mulai dari pertanggung jawaban kepada Kepala Desa, Camat sampai kepada Bupati. Dengan menguasai tugas dan fungsinya masing-masing, maka sistem pemerintahan desa akan berjalan maksimal. Segala pekerjaan bisa dengan mudah dikordinir oleh Sekretaris Desa. Microsoft Access yang sangat diperlukan agar memudahkan, membantu, menyelesaikan proses pengolahan data penduduk dengan menggunakan Microsoft Acces.

Author Biography

Masdiana Sagala, FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas

Google Scholar Scopus ID

References

Badan Pusat Statistik, “Pengertian Kemiskinan,” 2023. https://www.bps.go.id/subject/23/kemiskinan-dan-ketimpangan.html (accessed Feb. 03, 2023).

L. Ramandey, “" Dampak Sosial Program Pembagian Beras Miskin (Raskin) di Kampung Amar Distrik Amar Kabupaten Timika,” no. May, 2018, doi: 10.13140/RG.2.2.13516.72326.

P. Meyrinda Ugi Lolo, “IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DANA DESA DALAM RANGKA PENANGANAN DAMPAK BECANA COVID 19 DI DESA KANAUNGAN KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKAJENE DAN KEPULAUAN PROVINSI SULAWESI SELATAN,” pp. 1–10.

F. Yul Dewi Marta and R. Nurlitasari, “Implementasi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Era Pandemi Covid-19 di Kabupaten Sigi 2020,” J. Terap. Pemerintah. Minangkabau, vol. 1, no. 1, pp. 47–59, 2021, doi: 10.33701/jtpm.v1i1.1870.

T. Limbong, A. Rikki, and D. M. Rajagukguk, “Pelatihan Office (Microsoft Word dan Microsoft Excel) untuk Anak-anak Panti Asuhan Yacan Kecamatan Namorambe Kabupaten Deli Serdang,” Citra Abdimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, Jul. 2021, doi: 10.23917/KHIF.V4I1.5978.

Downloads

Published

2023-02-03

How to Cite

Sagala, M. ., & Veronika, M. . (2023). Penyuluhan Penggunaan Microsoft Access Untuk Mengolah Data Bantuan Langsung Tunai (BLT) pada Desa Lae Itam Kecamatan Siempat Nempu Hilir, Kabupaten Dairi. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 2(2), 65–67. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/2427

Issue

Section

Ilmu Komputer