Pembelajaran Geometri tentang Ragam dan Bentuk-Bentuk Bangun Datar dan Ruang kepada Anak-Anak Asuh di Panti Asuhan Gratia Children Medan.

Authors

  • Kennedi Tampubolon Universitas Budi Darma Medan
  • Chandra Frenki Sianturi Universitas Budi Darma Medan
  • Pilipus Tarigan LPPM UNiversitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/ulead.v2i2.2431

Keywords:

Pembelajaran Geometri, Bentuk-bentuk Bangun Datar dan Ruang, Panti Asuhan GRATIA CHILDREN Medan

Abstract

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) adalah satu diantara 3 unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen profesional aktif secara perorangan ataupun team.  Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kali ini dilaksanakan di Panti Asuhan GRATIA CHILDREN Medan dalam rangka pemberian motivasi dan pembelajaran Ilmu Geometri tentang Bentuk-bentuk Bangun Datar dan Bangun Ruang. Fakta di lapangan menunjukkan rendahnya pengetahuan anak-anak tentang pemahaman Ilmu Geometri yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan oleh Team Pelaksana dari lapangan hal ini terjadi karena semangat belajar si anak sangat rendah. Indikatornya adanya faktor psikologis seperti trauma karena datang dari keluarga broken home, miskin, atau yatim piatu. Namun beban psikologis sianak perlahan mulai dapat diatasi oleh pihak pengelola Panti Asuhan. Namun demikian masalah rendahnya pengetahuan kognitif pendidikan formalnya menjadi kajian tersendiri dan solusinya di bantu oleh Tim Pelaksana PKM Universitas Budi Darma Medan. Sebagai tindak lanjut Tim Pelaksana PKM berkomitmen untuk melanjutkan Tugas PKM ini secara berkesinambungan di tempat yang sama dengan materi yang berbeda sesuai dengan apa yang telah di programkan oleh kami dari Tim Pelaksana PKM. Karena kegiatan seperti ini kami maknai sebagai tindakan yang luhur dan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa dalam membantu dan memberi solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi oleh Panti Asuhan Gratia Children Medan. Mudah-mudahan apa yang telah kami perbuat ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan motivasi atau semangat belajar serta menambah pengetahuan anak-anak menyongsong masa depan mereka yang cemerlang.

Author Biography

Kennedi Tampubolon, Universitas Budi Darma Medan

Google Scholar Scopus ID

References

Kompri,M.Pd.I, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT.Remaja Rosda Karya, Bandung. 2008

Silaban Saronom, Dasar-Dasar Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Harapan Cerdas, Medan. 2017

Aryadi Wijaya, Pendidikan Matematika Realistik. Graha Ilmu Yogyakarta. 2012

Suharjana Agus, Markaban, WS Hanan, Geometri Datar Dan Ruang Di SD, Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.2009

https://id.wikipedia.org/wiki/Geometri

id.wikipedia.org/wiki/pelatihan

rasthoe.blogspot.com/2013/03/pengertian-dan-tujuan-pelatihan-training-html.

id.wikipedia.org/wiki/panti_asuhan

https://www.unida.ac.id/pembelajaran/artikel/apa-itu-pembelajaran.html

Downloads

Published

2023-02-06

How to Cite

Tampubolon, K. ., Sianturi, C. F. ., & Tarigan, P. . (2023). Pembelajaran Geometri tentang Ragam dan Bentuk-Bentuk Bangun Datar dan Ruang kepada Anak-Anak Asuh di Panti Asuhan Gratia Children Medan. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 2(2), 72–82. https://doi.org/10.54367/ulead.v2i2.2431

Issue

Section

Ilmu Komputer