Pemanfaatan Media Digital (Marketplace) Dalam Mendukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Kearifan Lokal dan Inovasi Daerah Pada Desa Tambun Sungkean

Authors

  • Andy Paul harianja FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Marketplace, teknologi, digital

Abstract

Permasalahan pada Desa Tambun Sungkean adalah masih minimnya pemanfaatan teknologi sebagai sarana untuk peningkatan potensi perekonomian desa. Tujuan Pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk membuka wawasan peserta terkait dengan revolusi industry 4.0 yang terjadi saat ini, serta bagaimana mereka bisa mempersiapkan diri untuk beradaptasi pada perubahan tersebut. Metode pengabdian pada masyarakat ini dilaksakan dengan penyuluhan yang dilakukan dengan memberikan materi pelatihan  pemanfaatan marketplace untuk mendukung perekonomian Desa Tambun Sukkean. Hasil dan kesimpulan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah pemahaman baru dari peserta untuk senantiasa bisa mengikuti perkembangan teknologi digital yang sangat cepat berubah seiring dengan perkembangan zaman. Diharapkan kegiatan serupa dapat secara rutin dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk membuka wawasan masyarakat

Author Biography

Andy Paul harianja, FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

. Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17.

. Jenie Sundari, Esron Rikardo Nainggolan, “e-Marketplace Desa Gerabah untuk Pengrajin di Desa Bumu Jaya Serang Banten”, Journal Industrial Servicess, https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jiss/issue/view/278 diakses 23 Des 2022

. Ismail Ismail, Andi Zulkifli Nusri, “Pemanfaatan Aplikasi Marketplace Berbasis Web Guna Meningkatkan Daya Saing dan Pemasaran BUMDES Rompegading”, Jurnal Teknologi dan Informasi Inspiration

. Adi Prasetia Nanda, Sri Hartati, “Pemanfaatan Teknologi Informasi (Marketplace) / Sosial Media Untuk Perkembangan UMKM di Desa Ambarawa Barat dalam Masa Pandemi”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri https://tapisberseri.ubl.ac.id/index.php/jpmtapisberseri/issue/view/1

. Sigit Purnomo, Pipin Widyaningsih, Intan Oktaviani, “Perancangan Aplikasi E- Marketplace Pada UMKM Desa Bakalrejo Berbasis Web” https://informa.poltekindonusa.ac.id/index.php/informa/article/view/209/178

. Tusyanah, Fransisca Rahcmawati Indira, Jarot Tri Bowo Santoso, Edy Suryanto, “Pendampingan Promosi Digital Melalui Marketplaces Bagi Pelaku UMKM Di Desa Traji”,

. Jaja, Santi Purwanti, Riskawati Tri Rejeki, “ Pembelajaran Digital Marketing Sebagai Strategi Peningkatan Penjualan Menggunakan Marketplace Dan Fanspage Facebook Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Binaan Badan Usaha Milik Desa Desa Sindanglaya-Tanjungsiang “, https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/3952/2990

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

harianja, A. P. . (2023). Pemanfaatan Media Digital (Marketplace) Dalam Mendukung Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Kearifan Lokal dan Inovasi Daerah Pada Desa Tambun Sungkean. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 3(1), 12–15. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/2825

Issue

Section

Artikel