Pembelajaran Geometri Tentang Garis dan Sudut Kepada Anak-anak Asuh di Panti Asuhan Talenta Delpita Medan

Authors

  • Kennedi Tampubolon Universitas Budi Darma Medan
  • Chandra Frenki Sianturi Universitas Budi Darma Medan
  • Pilipus Tarigan pilipustarigans@gmail.com

Keywords:

Motivasi dan Pembelajaran, Garis dan Sudut, Panti Asuhan Talenta Delpita Medan

Abstract

Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menjadi suatu keharusan bagi seorang pendidik khususnya untuk setiap dosen professional. Hal ini dilakukan untuk menyempurnakan implementasi unsur unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berisi: Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pada kesempatan ini kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat kembali dilaksanakan di Panti Asuhan Talenta Delpita Medan dalam rangka pengembangan pengetahuan anak anak dibidang Geometri tentang Garis dan Sudut. Pengetahuan tentang Garis dan Sudut adalah dasar untuk meningkatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai bentuk dan sifat bangun Geometri khususnya bidang datar. Konsep Materi yang di paparkan selama pelaksanaan PKM ini adalah untuk mendukung konsep materi yang sudah di berikan kepada anak anak Panti Asuhan pada pelaksanaan PKM sebelumnya yakni Pembelajaran tentang Ragam dan Bentuk Bangun datar dan Ruang. Sehingg kemampuan kognitif anak anak dibidang Geometri semakin meningkat. Implikasinya dalam pendidikan formal ilmu pengetahuan anak anak Panti Asuhan dapat sejajar dengan anak anak peserta didik lainnya. Dalam pelaksanaan PKM ini team pelaksana melakukan kolaborasi antar perguruan tinggi untuk menjalin kerjasama yang baik kedepannya. Kiranya apa yang telah Team PKM perbuat pada kesempatan ini semakin menambah semangat dan gairah belajar anak-anak Panti Asuhan Talenta Delpita Meda

Author Biography

Kennedi Tampubolon, Universitas Budi Darma Medan

Dosen

References

Kompri,M.Pd.I, Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. PT.Remaja Rosda Karya, Bandung. 2008

Silaban Saronom, Dasar-Dasar Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Harapan Cerdas, Medan. 2017

Aryadi Wijaya, Pendidikan Matematika Realistik. Graha Ilmu Yogyakarta. 2012

Suharjana Agus, Markaban, WS Hanan, Geometri Datar Dan Ruang Di SD, Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.2009

https://id.wikipedia.org/wiki/Geometri

id.wikipedia.org/wiki/pelatihan

rasthoe.blogspot.com/2013/03/pengertian-dan-tujuan-pelatihan-training-html.

id.wikipedia.org/wiki/panti_asuhan

https://www.unida.ac.id/pembelajaran/artikel/apa-itu-pembelajaran.html

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Tampubolon, K. ., Sianturi, C. F. ., & Tarigan, P. (2024). Pembelajaran Geometri Tentang Garis dan Sudut Kepada Anak-anak Asuh di Panti Asuhan Talenta Delpita Medan. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 4(1), 33–42. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/3992

Issue

Section

Artikel