Pendampingan Teknis Laboratorium Komputer dalam mendukung Pelaksanaan UTBK PPG di Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Authors

  • Sardo Pardingotan Sipayung Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Santo Thomas, Medan.
  • Paska Marto Hasugian Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan
  • Tonni Limbong Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan
  • Muhammad Iqbal Batubara Program Studi Bisnis Digital, STIE Al-Washliyah Sibolga, Tapanuli Tengah.
  • Novriadi Antonius Siagian Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Katolik Santo Thomas, Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/ulead.v5i1.5117

Keywords:

UTBK, PPG, laboratorium komputer, pendampingan teknis, asesmen digital

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan laboratorium komputer Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Santo Thomas dalam mendukung pelaksanaan UTBK PPG. Permasalahan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan perangkat, jaringan yang belum optimal, serta minimnya kompetensi teknis tenaga laboran. Metode yang digunakan mencakup survei awal, pelatihan teknis, simulasi UTBK, optimalisasi perangkat dan jaringan, serta penyusunan SOP. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek kesiapan perangkat, kemampuan tenaga teknis, dan kelancaran sistem saat simulasi. Kegiatan ini menghasilkan laboratorium yang lebih siap, SDM yang terlatih, serta SOP standar untuk pelaksanaan UTBK. Pendampingan teknis terbukti efektif dalam meningkatkan dukungan infrastruktur asesmen berbasis komputer di perguruan tinggi.

References

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran.

Maulana, R., & Fatimah, S. (2021). Evaluasi Infrastruktur Teknologi Informasi pada Laboratorium Komputer untuk Mendukung Ujian Berbasis Komputer. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 19(2), 123–132.

Saragih, M. A., & Purba, D. R. (2022). Strategi Optimalisasi Laboratorium Komputer dalam Mendukung Pembelajaran Digital di Perguruan Tinggi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi dan Pendidikan, 4(1), 45–52.

Simanjuntak, J., & Lubis, R. (2023). Peran Laboratorium Komputer dalam Meningkatkan Layanan Akademik Berbasis Digital di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen dan Inovasi Teknologi, 6(1), 27–35.

Siregar, D., & Manurung, A. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Instalasi Sistem CBT di Sekolah: Studi Kasus Implementasi Exambrowser. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berbasis Teknologi, 3(2), 88–94.

Wibowo, T., & Lestari, I. (2021). Pengembangan SOP Ujian Online Berbasis Komputer di Lingkungan Pendidikan Tinggi. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 14(1), 35–42.

Arifin, Z., & Rahmawati, N. (2021). Manajemen Laboratorium Komputer untuk Mendukung Sistem Evaluasi Akademik Digital. Jurnal Teknologi dan Manajemen Pendidikan, 9(1), 71–78.

Dewi, M., & Pratama, Y. (2020). Implementasi Jaringan LAN untuk Ujian Berbasis Komputer di Perguruan Tinggi. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 8(3), 144–152.

Hutagalung, D. M., & Siahaan, H. (2023). Kesiapan Infrastruktur TIK dalam Mendukung Digitalisasi Asesmen Nasional. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(1), 55–63.

Prasetyo, R. A., & Nurhayati, D. (2022). Evaluasi Kinerja Sistem CBT Menggunakan Exambrowser pada Skala Lokal. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi, 18(2), 90–98.

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Sipayung, S. P., Hasugian, P. M., Limbong, T., Batubara, M. I., & Siagian, N. A. . (2025). Pendampingan Teknis Laboratorium Komputer dalam mendukung Pelaksanaan UTBK PPG di Universitas Katolik Santo Thomas Medan. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.54367/ulead.v5i1.5117