PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI (SELF- CONFIDENCE) TERHADAP PEMENTASAN DRAMA OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Authors

  • Vina Merina Sianipar Universitas HKBP Nommensen
  • Pontas J. Sitorus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sonya Hutabarat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v6i2.3193

Keywords:

kepercayaan diri (self-confidence), pementasan drama, model pembelajaran

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri (self-confidence) terhadap pementasan drama oleh mahasiswa program studi pendidiksn bahasa dan sastra Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan semester genap tahun ajaran 2022/2023. Metode Penelitian ini adalah metode deskriptif korelasi. Sampel penelitian ini yaitu berjumlah 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Data diolah menggunakan teknik uji korelasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh kemampuan terhadap pementasan drama mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terdapat korelasi yang signifikan antara pengaruh kepercayaan diri (Self Confidence) terhadap pementasan drama. Ternyata ada pengaruh yang positif dan sangat signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,816. Oleh karena itu diharapkan kepada guru maupun dosen untuk menjadikan tingkat kepercayaan diri sebagai sumber motivasi pembelajaran yang dapat membantu meningkatakan pemahaman siswa terhadap kemampuan pementasan drama.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rhieka Cipta.

. 2010. Edisi Revisi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rhieka Cipta

Amri, Syaipul. 2018. “Pengaruh Kepercayaan Diri ( Self Confidence ) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu.” 03(02).

Brebes, Kebudayaan. 2020. “Keefektifan Penggunaan Buku Ajar Mata Kuliah Apresiasi Dan Kajian Drama Berbasis Kebudayaan.” 2(01):36–43.

Dewojati, Cahyaningrung. 2012. Drama: Sejarah, Teori, Dan Penerapannya.Yogyakarta: Javakarsa Media

Gulo, W. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta : Gramedia Widiasarana

Huda, Yusrizal Novwaril, And Endang Sri Widayati. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Memproduksi Pementasan Drama Untuk Kelas Xi Sma ( The Development Of Learning Media Based On Multimedia With The Material Of Producing Drama For Xi Class ).” 19–25.

Murasmutia, Dkk. 2016. “Hubungan Antara Citra Tubuh Dan Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Pakaian Pada Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta,”.17

Suedarsono, R. M..2001.” Seni Pertunjukan Indonesia Dan Pariwisata”. Yogyakarta : Art Line, ,24.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Waluyo, Herman J. 2002. Drama Teori Dan Pengajarannya. Yogyakarta:Hanindita Graha Widya

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Sianipar, V. M., Sitorus, P. J. ., & Hutabarat, S. . (2023). PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI (SELF- CONFIDENCE) TERHADAP PEMENTASAN DRAMA OLEH MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 228–242. https://doi.org/10.54367/pendistra.v6i2.3193

Issue

Section

Artikel