PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA SUBTEMA 2 HIDUP RUKUN DENGAN TEMAN BERMAIN SD NEGERI 094155 RAMBUNG MERAH KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Jesica Laora Sitanggang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Janwar Tambunan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sukardo Sitohang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v6i2.3203

Keywords:

Model Pembelajaran Role Playing, hasil belajar, Model Pembelajaran

References

Alvioningsih, W. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sd Negeri 240 Baddo-Baddo Kabupaten Maros (Doctoral Dissertation, Universitas Bosowa).

Anomeisa, A. B., & Prasetyo, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Smk Santo Thomas Maumere Pada Pokok Bahasan Termodinamika. Vektor, 2(1).

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta, 173.

Arisma, A. Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pegetahuan Sosial (Ips) Murid Kelas V Sekolah.

Astriani, V., Usman, N., & Puspita, L. (2018). Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 05 Indralaya Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 5(2).

Cahyani, A. R. Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Pada Siswa Kelas Iv Sdn Kejayan 1 Bondowoso Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral Dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).

Diba, F. (2018). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 2 Palapa Bandar Lampung.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185.

Herliani, M. P., Boleng, D. T., & Maasawet, E. T. (2021). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Penerbit Lakeisha.

Julaeha, S., & Erihadiana, M. (2021). Model Pembelajaran Dan Implementasi Pendidikan Ham Dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Nasional. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(3), 403-414.

Kasanah, S. A., Damayani, A. T., & Rofian, R. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Berbantu Media Multiply Cards Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 519-526.

Lestari, P. I. (2021). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ips Kelas Iv Mis An-Nur Bandar Khalipah (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). Cendekia, 9(02), 193-210.

Soesilo, T. D., Kristin, F., & Setyorini, S. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Kemandirian Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Di Sma Dan Smk Kota Salatiga. Satya Widya, 37(2), 79-91.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Sukatin, S., Nuri, L., Naddir, M. Y., Sari, S. N. I., & Indriani, W. (2022). Teori Belajar Dan Strategi Pembelajaran. Journal Of Social Research, 1(8), 916-921.

Sulistyorini, E., & Kristin, F. (2017). Penerapan Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1).

Sumarni, S. (2019). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas V Sd Negeri 012 Buluh Rampai Tahun Pelajaran 2015/2016. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(2), 184-194.

Sumianto, S., & Aprinawati, I. (2021). Analisis Kreativitas Guru Dalam Merancang Media Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Research Journal On Education, 1(2), 71-82.

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 Sd. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129-136.

Wahyuni, I., Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Penerapan Model Pbl Berbantuan Role Playing Untuk Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 356-363.

Wulandari, E. (2017). Pengaruh Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas V Sdn 2 Kampung Baru.

Yusuf, R. F., Sumarwiyah, S., & Haryanti, E. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Online. Jiip-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 472-477

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Sitanggang, J. L. ., Tambunan, J. ., & Sitohang, S. . (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA SUBTEMA 2 HIDUP RUKUN DENGAN TEMAN BERMAIN SD NEGERI 094155 RAMBUNG MERAH KABUPATEN SIMALUNGUN. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 6(2), 218–227. https://doi.org/10.54367/pendistra.v6i2.3203

Issue

Section

Artikel