Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV Di SD N 091608 Sinaksak

Authors

  • Sentina Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Desi Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4848

Keywords:

Pop-Up Book, kemampuan berpikir kritis, IPAS, media pembelajaran, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Pop-Up Book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di SD Negeri 091608 Sinaksak. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS yang masih didominasi oleh metode ceramah dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik serta kontekstual. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimen jenis one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah satu kelas dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berbentuk soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penggunaan media Pop-Up Book. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan teknik Paired Sample T-Test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai Pre-Test dan Post-Test siswa dimana nilai rata-rata Pre-Test yaitu 65,71 dan nilai rata-rata Post-Test yaitu.80,86. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS. Media ini terbukti efektif dalam menarik minat belajar siswa, membantu pemahaman konsep secara visual, serta mendorong siswa untuk berpikir kritis dan aktif dalam proses pembelajaran.

References

Arilkunto, Suharsilmil. (2018). Proseldur Pelnelliltilan. Jakarta: Rilnelka Cilpta

Muhammad dkk,. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sdn 3 Maria Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Educational Journal, 3(2), 128-135.

Agus. (2024:3). Kemampuan Berpikir Kritis. Semarang:Yayasan Prima Agus Teknik

Haryadi dkk,. (2022).Pemanfaatan Media Pop-Up Book Untuk Pemahaman Siswa Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SD N Paku. Journal Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas. 2(1), 5.

Suciono. (2021:17-21). Kemampuan Berpikir Kritis.Bandung: Adap

Wilda dkk,. (2022:7).Pemikiran Kritis dan Kreatif. Bandung: Media Sains Indonesia.

Muhammad dkk,. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Minat Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sdn 3 Maria Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Educational Journal, 3(2), 128-135.

Nur’aini&Husnah.(2025).Pengembangan Media Pop Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan.1(1), 24.

Nurhalima & Sofyan. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPA SD N Sungai Bambu 01. 6(1), 200.

Nurilah dkk,.(2024:3374) Pemanfaatan Buku Pop Up Untuk Literasi Sains dan Motivasi Siswa. Jurnal Kependidikan 13 No.3

Nurmaleni. (2021).Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas V SD N Sungai Bambu.6(2), 319

Nurul & Setyawan. (2023) Penggunaan Media Pop-Up Book sebagai Media Belajar yang Menyenangkan di Rumah Dalam Inovasi Pembelajaran SD Kelas Rendah. Jurnal Binagogik. 2(3), 90.

Nurul & Setyawan. (2023). Penggunaan Media Pop Up Book sebagai Media Belajar yang Menyenangkan di Rumah Dalam Inovasi Pembelajaran SD Kelas Rendah. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan. 2, No.3, 90.

Rahmania dkk,.(2023:158). Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta Selatan: Publica Indonesia Utama

Rayhan & Fattah. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran PopUp Book Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI. Action Rection Journal, Indonesia, 13(1), 240.

Reres & Safrul. (2023). Media Pembelajaran Pop Up -Book Untuk Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Education. 9(1), 168.

Resta & Kodri. Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Education.9(1), 165

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sinaga, S., Sijabat, D., & Napitupulu, R. P. . (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas IV Di SD N 091608 Sinaksak. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 8(1), 7–11. https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4848

Issue

Section

Artikel