Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 122358 Jl. Sumber Jaya II

Authors

  • Ronauli Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Nancy Angelia Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Radode Simarmata Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4865

Keywords:

Media Audio Visual, Keterampilan Menulis, puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan menusli puisi siswa kelas V SD Negeri 122358 Jl. Sumber Jaya II. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre eksperimental design dengan jenis one grub pretest-posttest. Sampel pada penelitian ini adalah 27 siswa kelas V SD Negeri 122358 Jl. Sumber Jaya II yang dipilih dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen tes ini berupa tes uraian. Data dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain dan Uji Hipotesis (Uji t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual signifikan terhadap peningkatan Keterampilan menulis puisi. Nilai rata rata pretest sebesar 51,07 meningkat menjadi 79,07 pada posttest. Hasil uji hipotesis memperoleh 26,51> 1,70 Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwa media audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 122358 Jl. Sumber Jaya II Kota Pematangsiantar.

References

Arista, P., Kresnadi, H., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visula Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 21 Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7 No 9, 1-9.

Oktavia, W. (2019). Analisis Kesulitan Menulis Puisi Bebas, Jurnal Pendidikan, 04 (02), 70-75. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/4031/3354.

Purba, N. A., Sidebang, R., & Simanungkalit, A. (2023). Upaya Meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa melalui penggunaan media diorama pada siswa sekolah dasar. Eduif: Jun1Ilmundidi n5(1), 1-10,

Purba, N.A & Sihombing, V.T (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pokok bahasan menulis puisi dengan menggunakan media visual tiga dimensi (3D) keals C SD Negeri 091281 Batu IV. Jurnal ilmiah Aquinas.

Susilawati, S. (2023) Pengaruh Metode quantum writing berbantuan big book terhadap kemampuan menulis paragraf narasi siswa sekolah dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education).

Taufik, T., & Wardatul Jannah, S. (2024). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Istima'. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 2 (1), 31-39.

Wahyudi, D. (2020). Peningkatakn keterampilan menulis puisi menggunakan media gambar pada siswa kelas V SD Negeri Suryodinigratan 2 Yogyakarta. Basic Education, 5 (16), 1-154.

Yaqien, I. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Karya Wisata. Solid, 8 (2), 84. https://doi.org/10.35200/solid.v8i2.267

Yuliana, (n.d) Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 100307 Tiangaras.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sihombing, R., Purba, N. A. ., & Simarmata, R. . . (2025). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 122358 Jl. Sumber Jaya II . Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 8(1), 12–14. https://doi.org/10.54367/pendistra.v8i1.4865

Issue

Section

Artikel