Penggunaan Aplikasi Sistem Evaluasi Perencanaan Pembangunan (SEPP) pada Dinas Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Kabupaten Padang Lawas Utara.

Authors

  • Doni El Rezen Purba Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Melenia Simamora Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unika Santo Thomas
  • Polikarpus Sukardin Gulo Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unika Santo Thomas

Keywords:

Laporan Online, E-government, Aplikasi Evaluasi

Abstract

Kemajuan teknologi informasi memperkenalkan layanan komputasi disegala bidang kehidupan, baik dalam bidang bidang pendidikan, pemerintahan dan bidang kesehatan. Bentuk layanan yang tersedia juga beraneka ragam, mulai dari media penyimpanan online, dokumen online serta bantuk aplikasi sistem komputer untuk meningkatkan kinerja. Program pemerintah juga telah menetapkan pembangunan melalui pengembangan TIK yang dikenal dengan istilah E-goverment. Penerapan E-government adalah amanat Instruksi Presiden No.3 tahun 2003 tentang penyelanggaran tata kelola pemerintahan secara elektronik di Indonesia. Pelaksanaan  e-government dalam implementasinya pada tata kelola pemerintah dan pelayanan publik membutuhkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi serta sumber daya manusia yang handal dalam pengelolaannya. Dengan pemanfaatan TIK kegiatan administrasi pemerintahan dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Pelaksanaan pelaporan penyelenggaraan perencanaan penelitian dan pembangunan pemerintahan dilakukan secara terkomputerisasi dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi dan komunikasi sebagai implemantasi e-government. Sebagai bentuk upaya meningkatkan kinerja aparatur organisasi perangkat daerah, dinas BAPEDA Kabupaten Padang Lawas Utara mengembangkan aplikasi komputer guna penyusunan laporan rencana kegiatan penelitian dan pembangunan daerah. Pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan untuk membantu aparatur organisasi perangkat daerah dalam penggunaan layanan Aplikasi Sistem Evaluasi Perencanaan Pembangunan (Sepp) yang telah selesai di kembangkan oleh dinas BAPEDA kabupaten Padang Lawas Utara

Author Biography

Doni El Rezen Purba, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Parasian DP Silitonga and D. E. R. Purba, “Implementasi System Development Life Cycle Pada Rancang Bangun Sistem Pendaftaran Pasien Berbasis Web,” J. Sist. Inf. Kaputama, vol. 5, no. 2, pp. 196–203, 2021, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/356407568.

D. E. R. Purba and S. Sibagariang, “Belajar dan Bermain pada Anak Usia Dini dengan Teknologi Augmented Reality,” J. Mahajana Inf., vol. 6, no. 2, pp. 97–102, 2021.

D. E. R. Purba, “Penyimpanan Digital dan Dokumen Online Berbasis Teknologi Informasi untuk Mendukung Kegiatan Administrasi Pemerintahan Desa Baja Dolok Kecamatan Sipispis”, ULEAD, vol. 1, no. 1, pp. 33–37, Jul. 2021.

L. K. Alfirdaus et al., “Kemendagri ( Ditjen Bina Pemerintahan,” vol. 01, no. 04, 2020.

D. Praditya, “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Tingkat Pemerintahan Desa,” J. Penelit. Komun., vol. 17, no. 2, pp. 129–140, 2014, doi: 10.20422/jpk.v17i2.12.

Tata Sutabri, Analisis Sistem Informasi, vol. 11, no. 1. Yogyakarta: Andi, 2015.

Munir, Pembelajaran Jarak Jauh berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 2009.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Purba, D. E. R., Simamora, M. ., & Gulo, P. S. . (2022). Penggunaan Aplikasi Sistem Evaluasi Perencanaan Pembangunan (SEPP) pada Dinas Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Kabupaten Padang Lawas Utara. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 1(2), 48–52. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/ULEAD/article/view/1679

Issue

Section

Artikel