Pengenalan Fitur-Fitur Komputer dan Literasi Digital Bagi Siswa SMA Swasta Cerdas Bangsa

Authors

  • Meri Nova Marito Br Sipahutar Universitas Mandiri Bina Prestasi, Medan, Indonesia
  • Ade Linhar P Universitas Mandiri Bina Prestasi, Medan, Indonesia
  • Ratna Wati Simbolon Universitas Mandiri Bina Prestasi
  • Jaidup Banjarnahor Universitas Mandiri Bina Prestasi, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54367/ulead.v4i1.4010

Keywords:

Sekolah, Teknologi, Literasi Digital

Abstract

Dengan menguasai literasi digital, siswa akan lebih efisien dalam mencari informasi, mengerjakan tugas, dan berkomunikasi dengan teman dan guru melalui platform digital. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas belajar mereka. Banyak pekerjaan saat ini membutuhkan keterampilan komputer dan literasi digital yang kuat. Pada kegiatan ini, pelatihan di fokuskan kepada masyarakat sekolah dalam menguasai literasi digital. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah memudahkan siswa/i untuk mempelajari dalam menggunakan teknologi informasi secara benar, memberikan pemahaman yang lebih baik tentang fitur-fitur komputer dan literasi digital kepada masyarakat luas, serta memberikan rekomendasi bagi pengembangan kebijakan atau program pelatihan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan teknologi informasi di era digital ini. Hasil dari kegiatan PkM ini diharapkan siswa akan lebih memahami pentingnya privasi online, etika dalam penggunaan teknologi, dan cara-cara menjaga keamanan informasi pribadi mereka di dunia digital yang serba terhubung. Dengan demikian sekolah dapat membantu mengurangi kesenjangan digital antara siswa yang memiliki akses teknologi dan yang tidak memiliki akses, sehingga semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk memanfaatkan teknologi untuk belajar dan pengembangan diri.

References

Ajani Restianty, Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media, Corporate

Communication/Postgraduate Programme, London School of Public Relations Jakarta,

ISSN – 2655-1551

Haickal Attallah Naufal, Literasi Digital, Jurnal Perspektif, ISSN 2807-1190

Danuri. M, Suharnawi, 2017, Trend perkembangan teknologi, INFOKAM Nomor I Th. XIII/MARET/2017.

Fukuyama. M, 2018, Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society,

https://www.jef.or.jp/journal/, Japan SPOTLIGHT - July / August 2018

Santosa, B.I , 2018, "Manusia 4.0 Digital Millennial Brains", Seminar diskusi panel, Hotel Diradja, Jakarta Selatan, Sabtu (7/4/2018).

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Br Sipahutar, M. N. M. ., Linhar P , A. ., Simbolon, R. W., & Banjarnahor, J. . (2024). Pengenalan Fitur-Fitur Komputer dan Literasi Digital Bagi Siswa SMA Swasta Cerdas Bangsa . ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 4(1), 48–53. https://doi.org/10.54367/ulead.v4i1.4010

Issue

Section

Artikel