Review : Jus Buah Terfermentasi sebagai Minuman Probiotik

Authors

  • Novia Rahmah Maulani Sahab STIKes KHAS Kempek

Keywords:

bakteri asam laktat, fermentasi, jus buah, pangan fungsional

Abstract

Inovasi di bidang pangan terus berkembang ke arah pengembangan pangan fungsional, yaitu pangan yang mempunyai dampak kesehatan di luar gizi dasar. Meningkatnya aksesibilitas terhadap pengetahuan yang meningkatkan kesadaran konsumen adalah kekuatan pendorong di balik hal ini. Fermentasi menggunakan bakteri asam laktat yang termasuk dalam bakteri probiotik pada jus buah merupakan salah satu pangan potensial yang dapat dikembangkan menjadi pangan fungsional. Buah mengandung gula, serat, fitokimia, vitamin, dan mineral yang dapat berfungsi sebagai nutrisi selama proses fermentasi. Berbagai penelitian telah dilakukan untuk memformulasi berbagai jus buah fermentasi beserta efeknya terhadap komponen jus buah yang dihasilkan. Pada artikel ini akan dibahas mengenai kajian pembuatan jus buah fermentasi dengan menggunakan berbagai jenis buah dengan berbagai jenis starter beserta efeknya terhadap komponen jus buah dan manfaat yang dihasilkan.

References

Amalia, U., Sumardianto and Agustini, T. W. (2018) ‘Characterization of Lactic Acid Bacteria (LAB) isolated from Indonesian shrimp paste (terasi)’, IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 116(1).

Bezirtzoglou, E., Bekatorou, A. and Plessas, S. (2018) "Potential of the Probiotic Lactobacillus Plantarum Pomegranate Juice"

Chen, C. et al. (2017) ‘Role of lactic acid bacteria on the yogurt flavour: A review’, International Journal of Food Properties, 20(1), pp. S316–S330.

Downloads

Published

2023-10-01

Issue

Section

Artikel