ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK BERBASIS SOAL KONTEKSTUAL DI KELAS VIII SMP

Authors

  • Elsa Br Tarigan Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i1.1699

Keywords:

Kemampuan Pemahaman Matematis, Materi Kubus dan Balok, Soal Kontekstual

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi kubus dan balok berbasis soal kontekstual di kelas VIII SMP.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus (case studies). Subjek penelitian  ini yaitu 5 orang siswa diantaranya 1 siswa dengan kemampuan pemahaman matematis tinggi, 2 siswa dengan kemampuan pemahaman matematis sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan pemahaman matematis rendah.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara.Tes yang diberikan yaitu tes kemampuan pemahaman matematis. Wawancara dilakukan terkait konfirmasi ulang pengerjaan tes tertulis untuk mengetahui cara atau pola berpikir mengenai kemampuan pemahaman matematis.Hasil analisis yang diperoleh berdasarkan tes dan wawancara diperoleh 70% siswa mampu menyatakan soal berbentuk kata-kata menjadi gambar, grafik, simbol matematika maupun sebaliknya.43% siswa mampu memahami dan menafsirkan masalah serta menentukan konsep yang digunakan dalam menyelesaikan masalah.20% siswa mampu meramalkan atau menentukan arah dari pengerjaan soal.Dapat disimpulkan kemampuan pemahaman matematis siswa yang paling rendah terletak pada kemampuan meramalkan atau menentukan arah dari pengerjaan soal

Author Biography

Elsa Br Tarigan, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Afriyanti, Ice. 2018. “Pengembangan Literasi Matematika Mengacu PISA Melalui Pembelajaran Abad Ke-21 Berbasis Teknologi, PRISMA. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Aldela, Yolanda dan Haerudin, 2019. “Pemahaman Matematis Siswa SMP Dengan Pokok Bahasan Kubus Dan Balok”, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika

As’ari, dkk, 2017. “Matematika Kelas VIII SMP Semester 2”. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pebukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Arikunto, Suharsimi, 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: Rineka Cipta

Dian dkk, 2009. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Matematika Realistik”. Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 13 No. 1 April 2009.

Huda, Nizlel dan Kencana. Angel, 2013. “Analisis Kesulitan Siswa uihhhjghg Berdasarkan Kemampuan Pemahaman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi”, Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung

Jihad dan Abdul, 2008. “Evaluasi Pembelajaran”. Jakarta : Multi Pressindo

Latif, Sriwahyuni dan Akib, Irwan. 2016. “Mathematical Connection Ability In Solving Mathematics Problem Based On Initial Abilities At SMPN 10 Bulukamba’. Jurnal Daya Matematika, Volume 4 No. 2 Juli 2016

Margono, S. 2010. “Metodologi Penelitian Pendidikan”. Jakarta: Rineka Cipta

Rahayu, D., Linda dan Kusuma, B., Anggun. 2019. “Peran Pendidikan Matematika Di Era Globalisasi”. Prosiding Sendika, Vol. 5, No.1, 2019

Ramadhanti, Eva dan Marlina, Rina. 2019. “Pembelajaran Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/

Siswandi, dkkk. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau Dari Perbedaan Gender”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol. 4, hal 633-643 September 2016

Soemarno dan Hendriana, 2016. “Penilaian Pembelajaran Matematika”. Bandung: PT Refika Aditama

Susanto, Ahmad, 2013. “Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar”. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri

Susanto, Ahmad, 2013. “Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar”. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri

Taunu, Elsi. S. H., & Iriani, Ade. 2019. “Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri” . Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 6, No 1, Januari-Juni 2019, Hlm 64-67.

Tianingrum, Risna dan Sopiany, Hanifah, 2017. “Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar”, Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika

Tommy, dkk. 2018.“Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang”. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6 No 1, Maret 2018

Wijaya, Y. Etistika. 2016. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai jkhg Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, Volume 1 Tahun 2016

Yusuf, Muri, 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitia Gabungan”. PT. Fajar Interpratama Mandiri

Downloads

Published

2022-02-11

How to Cite

Tarigan, E. B. . (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK BERBASIS SOAL KONTEKSTUAL DI KELAS VIII SMP. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 37–42. https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i1.1699

Issue

Section

Artikel