Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII

Authors

  • Mutiara Silaban Universitas Negeri Medan
  • Izwita Dewi Universitas Negeri Medan

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Berbasis Masalah, Video Animasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) apakah model pembelajaran kelas berdasarkan situasi dunia nyata dan memanfaatkan video animasi akan meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika di kelas VIII . (2) Untuk memahami bagaimana model pembelajaran Pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi video animasi dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika. (3) Untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah dengan penggunaan video animasi di kelas VIII meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini disebut “Penelitian Tindakan Kelas” atau PTK. Tindakan yang telah dilakukan meliputi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pengembangan model berbasis masalah dengan video animasi. hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan berbantuan video animasi dengan diletakkan siswa sebagai subjek belajar dan melibatkan seluruh kemampuan siswa maka siswa dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. (2) Peningkatan ini terjadi karna adanya perbaikan yang dilakukan pada siklus I dan siklus II. Adapun perbaikan yang dilakukan adalah pada fase pembelajaran mengorganisasikan siswa dalam kelompok, susunan kelompok diubah berdasarkan hasil kemampuan pemecahan masalah siswa ketika mengerjakan tes pada siklus I. (3) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa mengalami peningkatan. Pada tes awal rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 52,75%. Sedangkan, pada siklus 1, rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 65,89%. Pada siklus II, kemampuan pemecahan masalah siswa adalah 80,10%. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan video animasi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Advent 1 Medan

References

Allo,D.P.,Sudiia,M.,Kiadir.,Haisnawati.(201i9).Peneirapan Moidel Pembielajaran Probilem Baised Leairning Settingi Keliompok unitiuk Meningikatkian Kemaimipuan Pieimecahan Maisalaih Mateimiatika iSiswia di SiMP Swiasta Anitam Pomalaa.Jurnial Pendiidikan Matematiika,10(1):19-30.

Adiha,dkik. (2020i). Kemiampuan Pemiecahan Miasalah Mateimatis dain Keimandirian Beliajar Pesertia Diidik Mielalui Moidel Pemibelajaran LAPiS-HEUiRISTIC Padia Miateri Bentiuk Aljiabar Kelias VII. iJP3, i15 (19i),190i-1i16.

Suyaidi. (201i5). Striategi pemibelajaran pendiidikan karaikter. Banduing: PT Riemaja Rosdaikarya.

Veria, M., Maiwardi, & Astiuti, S. (2019i). Peniingkatan Kreiativitas dani iHasil Belajair Siswia Melaluii Miodel Pemibelajaran Probleim Basied Leairning padai Kelias V SDiN Sidoirejo Loir V Sialatiga. MiAJU, 6(1), 1i1–21. i

Priyantiini, N. L., Suiranata, K., i& Jayanita, I. Ni. L. (20i21). Videio Aniimasi dialam iPembelajairan IPiA Maiteri Periubahan Suihu dani Wujuid Beinda. Jurnial Peidagogi Dian Pemibelajaran, 4(2), 281. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37248

Tamibunan,H.(20i19).The Effietivivenessi ofi the Probilem Solviing Striategy anid tihe Scienitific Apiproach to Situdents ‘ Mathemiaticial Ciapabilities in Hiigh Orider Thiingking iSkillis.Initernaitional Eliectronic Jourinal Of iMathe,atiics Educaition, 14i (2), i293-302.

Wulandari, Ri. (2i0i19). “Bierpikir Ilmiiah Siswai dalaim Pemibelajiaran IPiA uintuk Mieningkatkan Literaisi Sainsi” SEiJ: Scienice Educiation Journial, 1(1), i29-i35

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Silaban, M. ., & Dewi , I. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 20–32. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/3828

Issue

Section

Artikel