Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Linktree Dengan Metode Blanded Learning Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi SPLDV

Authors

  • Rini Ayuniara Universitas Negeri Medan
  • Hamidah Nasution Universitas Negeri Medan

Keywords:

Media Pembelajaran, Blanded Learning, Linktree, Kemampuan Berfikir kreatif

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis Linktree dengan metode Blanded Learning yang bersifat valid, praktis, efektif, dan mampu meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Dari hasil penelitian diperoleh nilai kevalidan media dan materi yaitu 91,5% dan 88,5% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media melalui hasil angket respon guru diperoleh nilai kepraktisan 92% dengan kategori sangat praktis dan hasil angket respon siswa diperoleh nilai 89,07% dengan kategori sangat praktis. Kemudian nilai keefektifan dilihat melalui uji keterbacaan media dan ketuntasan belajar klasikal serta hasil angket berfikir kreatif siswa diperoleh presentase 84,92%, 96,67% dan 82,83% dengan kategori sangat efektif. Peningkatan kemampuan berfikir kreatif pada siswa, hasil diperoleh tingkat kemampuan berfikir kreatif siswa berada pada presentase 92,6% dengan kategori sangat tinggi, sedangkan berdasarkan uji N-Gain nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 0,708 yang artinya terjadi peningkatan kemampuan berfikir kreatif pada siswa dengan kategori tinggi. Sehingga berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan pada penelitian ini adalah valid, praktis, efektif, serta mampu meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa.

Author Biography

Rini Ayuniara, Universitas Negeri Medan

Dosen

References

Alyusfitri, R., Ambiyar, Aziz, I., & Amdia, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8 dengan pedekatan contextual teaching and learning pada materi bangun ruang kelas V SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika2, 4(2), 1281–1296.

Anwar, R. (2014). Hal-hal yang mendasari penerapan kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 97-106.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Gava Media.

Fajarwati, S. (2016). Media Pembelajaran Animasi SWISHMAX sebagai Alternatif untuk Siswa SD yang Berkesulitan Belajar pada Materi Bangun Ruang. Journal Probisnis, Vol 9(1), 38-51.

Fitriani, Maifa, T. S., & Bete, H. (2019). Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(4), 460-465.

Fitriasari, P. (2017). Pemanfaatan software geogebra dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 57-69.

Gusty, S., Nurmiati, & Muliana. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Hs, H. H. M. (2021). Penggunaan blended learning menyongsong pembelajaran tatap muka. JULAK: Jurnal Pembelajaran & Pendidik, 1(1), 145-150.

Kahar, M. I., Cikka, H., Afni, N., & Wahyuningsih, N. E. (2021). Pendidikan era revolusi 4.0 menuju era society 5.0 di masa pandemi covid 19. Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58-78.

Manurung, J. (2020). Pengembangan bahan ajar information communication and technology menggunakan Linktree pada materi statistika siswa kelas X. Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat, 3(2), 171-187.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 69. (2013). Tentang Kerangka Dasar dan StrukturKurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Putra, I. A. (2015). Orientasi Hybrid Learning Melalui Model Hybrid Learning Dengan Bantuan Multimedia di Dalam Kegiatan Pembelajaran. Vol 1(1). 36-42.

Raisha, M. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis web menggunakan Linktree pada materi sistem saraf. UIN Sunan Gunung Djati.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Sudijono, A. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumardyono. (2004). Karakteristik Matematika dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Pusat Pengembangan Penataran Guru Matematika.

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Ayuniara, R. ., & Nasution, H. . (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Linktree Dengan Metode Blanded Learning Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Siswa Pada Materi SPLDV. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 76–90. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/3830

Issue

Section

Artikel