Pengaruh Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectualy Repetition) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Intelligence Quotitent (IQ)Peserta Didik

Authors

  • Monica Stevani Br Sembiring K Universitas Negeri Medan
  • Tiur Malasari Siregar Universitas Negeri Medan

Keywords:

kemampuan, pemecahan, masalah, AIR, IQ

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model strategi pembelajaran AIR (Auditory Intellectualy Repetition) terhadap  kemampuan pemecahan masalah bila ditinjau dari IQ (Intelligence quotient). Pada penelitian ini, 60 siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Berastagi dijadikan sebagai partisipan penelitian. Ini bersifat kuantitatif dan menggunakan strategi studi kelompok kontrol posttest. Hasil penelitian yang diperoleh adalah:(1) Keterampilan pemecahan masalah siswa dipengaruhi oleh paradigma pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetiton) dengan Signifikansi (Sig.) 0,041. Uji ANOVA dua arah dengan tingkat signifikansi 5% digunakan dalam penelitian ini. (2) Intelligence Quotient (IQ) tinggi dan sedang dengan signifikansi (Sig.) yang diperoleh 0,000 berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (3) Terdapat interaksi antara Intelligence Quotient (IQ) dan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectualy Repetiton) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dimana signifikansi (Sig.) yang diperoleh 0,041

References

Amir, Mohammad Faizal. 2015. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, ISBN: 978-602-70216-1-7.

Hidayati, Nur Alfin dan Agus Darmuki.2021. Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition ( AIR ) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa. Jurnal educati. Vol.7,No.1, Hlm.252–259.

Ibrahim, Muslimah., & Mohamad Nur. 2000. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Press.

Luthfiana, Maria dan Reny Wahyuni. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 1.

Milfayetty. Sri, Dkk. 2018. Psikologi Pendidikan. Medan: PPs Unimed

Misnawati, Teti. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Materi Segi Empat Kelas VII SMPN 9 Haruai Tahun Pelajaran 2016/2017’I. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial. Vol.4, No.1, Hlm.77–86

Pratama, Anggi Tias dan Aloysius Duran Corebima. 2015. Hubungan Intelligence Quotient (IQ) Terhadap Capaian Prestasi Belajar Biologi SMA Kota Medan. Jurnal Biologi Science & Education. Vol.4, No.2, Hlm.1-12.

Roebyanto, Goenawan., & Sri Harmini. 2017. Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saputri, Weni. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Numerik Ditinjau Dari Intelligence Quotient (IQ) Siswa SMA. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan: Lampung

Trianto. 2018. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Sembiring K, M. S. B. ., & Siregar, T. M. . (2024). Pengaruh Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectualy Repetition) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Intelligence Quotitent (IQ)Peserta Didik . Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 116–129. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/3832

Issue

Section

Artikel