PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA BERBANTUAN APLIKASI GEOMETRY CALCULATOR
DOI:
https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i1.794Keywords:
Berpikir kritis, CTL, Geometry CalculatorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan aplikasi geometry calculator pada materi segiempat dan segitia pada kelas VII SMP Budi Murni 1Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Budi Murni 1 Medan dengan jumlah siswa 26 orang. Objek penelitian adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menerapkan model contextual teaching and Learning (CTL) berbantuan aplikasi geometrycalculator. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Observasi terdiri dari observasi guru dan observasi siswa. Tes yang diberikan yaitu tes kemampuan awal, tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa siklus I dan tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa siklus II. Hasil analisis data siklus I diperoleh observasi aktivitas guru 65% baik, observasi aktivitas siswa dengan nilai 61% (baik). Pada siklus I siswa yang sudah mencapai KKM 14 orang (53,84%) sedangkan yang belum mencapai KKM adalah 12 orang (46,16%). Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 55,03. Jumlah siswa yang tuntas secara klasikal belum mencapai 75%, maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus II dengan persentase 83,5% (baik sekali), observasi aktivitas siswa dengan persentase 81,5% (baik sekali) dan siswa yang sudah mencapai KKM adalah 23 orang (88,46%), siswa yang tidak mencapai mencapai KKM adalah 3 orang (11,54%) dan nilia rata-rata siswa pada siklus II adalah 77,50. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan aplikasi geometry calculator dapat meningkatakan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga di kelas VII SMP Budi Murni 1 Medan.References
Aqib. 2015. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran. Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. 2013. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.famobix.geometryx&hl=en_US. Diakses tanggal 13 Februari 2019 pukul 19:35 wib.
http://www.citrasatelit.com/kegunaan-calculate-geometry/ diakses 06
April 2019 pukul 14:35.
Gita, Alexandra dan Novisita, Ratu. 2018. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Graded Response Model. Jurnal Mosharafa. 7(1).
Kunandar. 2010. Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Lestari, K.E dan Yudhanedara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Mahmuzah. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1).
Novtiar, Chandra dan Aripin, Usman. 2017. Siswa Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri SMP Melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana. VI(2).
Nababan, Lizon dan Zulkifli. 2015. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Bahan Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Lintongnihuta. Jurnal Educational Building. 1(2). Hal.188.
Panjaitan, M.A dan Hasibuan, E.A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Padang Sidimpuan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. 3(2).
Pafitriani, Nur. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa Kelas IV A SD N Margoyasan. FKIP Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran. Bandung: Kencana.
Saiful, Bahri. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Tipe Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Islam. 8(1).
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana
Sari, D.A. 2018. Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Kubus Dengan Konteks Tahu di Kelas VIII. Journal of Dedicators Community UNISNU Jepara. 2(2).
Sapitri, N.M. 2017. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa. IKIP Bandar Lampung: Bandar Lampung.
Setiawan, R. 2017. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research).Yogyakarta: Nuha Medika.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sianturi, April dkk. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Jurnal UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1).
Soemarmo, Utari. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wakijo dan Suprihatin, Siti. 2016. Implementasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Promosi. 4(2).
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga
T. Jumaisyaroh1, E.E. Napitupulu, dan Hasratuddin. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano. 5(2).